Semangat Berkurban di tengah Pandemi Covid 19


Kalau melihat tanggalan, hari Rabu besok tanggal 22 Juli sudah masuk dalam bulan Dzulhijjah. Bulan di mana masyarakat muslim seluruh dunia akan merayakan hari raya kurban atau Idul Adha.



Dokpri


Disebut hari raya kurban karena kita meneladani kisah Nabi Ibrahim A.S yang dengan ketaatan dan keimanan yang dimiliki, rela mengorbankan apapun karena menaati perintah Allah SWT. Mengorbankan anak yang sangat dicintai sangatlah berat. Namun demikian kita tahu bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hambaNya.

Saat ini kitapun sedang diberi cobaan dengan adanya wabah Covid 19 yang mendunia. Kesabaran dan kepedulian kepada sesama tersentil. Kerendahan hati dalam kesederhanaan hidup seolah-olah menjadi "tuntutan" dalam sikon sekarang ini.

Walau dalam sikon pandemi seperti sekarang di mana sektor ekonomi menjadi sektor yang paling terasa dampaknya bagi hampir semua manusia, namun semangat berkurban jangan sampai luntur.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."

Kutipan dalam Al Qur'an Surat Ibrahim : 7 di atas sangat jelas bahwa Allah akan menambahkan nikmat (rezeki) bagi hambaNya yang selalu bersyukur. Berkurban merupakan salah satu cara kita bersyukur atas rejeki yang telah Allah SWT berikan. Dalam ibadah berkurban, ada 2 dimensi di dalamnya. Selain sebagai bentuk ketaatan kita atas perintah Allah SWT (habluminnallah), berkurban pun merupakan wujud kepekaan sosial untuk saling berbagi dengan sesama manusia (habluminannas).

Dok Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa (DD) sebagai lembaga Islam yang memiliki misi pemberdayaan masyarakat mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban, dan sekaligus ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban, terutama di wilayah pelosok melalui Sedekah

" Sedekah Daging Kurban untuk Dhuafa" ini bekerjasama dengan kitabisa.com. Dalam program ini masyarakat bisa turut ambil bagian untuk berbagi daging kurban bagi masyarakat di daerah pelosok dengan sedekah daging yang nominalnya dimulai dari Rp100.000,00.

Jadi di tengah pandemi pun kita tetap bisa berkurban sekaligus berbagi dengan sesama dengan cara yang sederhana namun terasa langsung hasilnya. Selamat menyambut hari raya Idul Adha.

24 comments :

  1. hihi foto kaka gita udh mau nyium sih bang kambing. Ntar lagi udh mau qurban,,dapat daging gak ya aku? *ngarep* hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...iya ya kok liatnya sksd ya aku ma embek 😃

      Delete
  2. Ide yang bagus. Apabila belum bisa berkurban maka bisa ikut sedekah daging dengan patungan yang terjangkau.(@dewi_puspa)

    ReplyDelete
  3. Wah wah kita bisa ikut beramal dan membagi daging ke yang membutuhkan di hari raya kurban hanya dengan 100 ribu, boleh banget nih programmnya buat ikutan.

    ReplyDelete
  4. Ga terasa ya mba udah mau Idul Adha lagi, aku selalu suka sama program2 nya Dompet Dhuafa, aku juga senang kurban di DD karena laporannya lengkap bgt kita terima, jadi hati tenang

    ReplyDelete
  5. Ini rasa-rasanya sebuah ujian ketabahan sekaligus ketaqwaan kepada kita semua, apakah mau memberi dari kekurangan kita sendiri. Memberi dari kelebihan sih mudah, klo dari kekurangan? itu dia tantangannya. Salam Inspirasi

    ReplyDelete
  6. sedekah daging yang nominalnya dimulai dari Rp100.000,00. ... wah sederhana ya dan bakalan sangat membantu

    ReplyDelete
  7. Duh kak siapa yang nggak ingin berkurban dengan kemudahan yang membantu ini. Nice info kak

    ReplyDelete
  8. Masya Allah inovatif sekali program Dompet Dhuafa ini ya Mbak walau pahalanya tak sebesar kurban namun semangat berbaginya pdaat

    ReplyDelete
  9. Bismillah semoga kita selalu di mampukan Allah untuk berbagi dan memberi ya mBa. Dompet Dhuafa menjembatani kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, benar banget. Program ini sangat memudahkan ya. Bisa membantu sesama meskipun belum mampu.

      Delete
  10. Wah program yg bagus ni ya..semoga banyak yg sedekah daging sehingga bisa didistribusikan dg baik pada semua yg membutuhkan..

    ReplyDelete
  11. Bismillah. Semoga kita semua tetap dimampukan untuk berkurban tahun ini, ya

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, di masa pandemi yang notabene orang lebih banyak stay at home, bisa tetap berkurban bareng Dompet Dhuafa. Aku sempet khawatir sih mbak kalau qurban malah jadi off gegara Korona.

    ReplyDelete
  13. solusi buat orang yang dananya belum terkumpul tapi tetap mo berbagi . agar makin banyak orang yang bisa mendapatkan daging kurban

    ReplyDelete
  14. Ini baru namanya semangat di tengah pandemi, ttp harus berkurban walau dihajar samai badai kehidupan. Intinya ttp semangat saja yaps..

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah bannget ya mba, ada program ini jadi walopun gak berkurban kita tetep bisa sedakah daging untuk sesama yang membutuhkan

    ReplyDelete
  16. Sangat luar biasa nih programnya DD, membuka kesempatan umat muslim untuk bersedekah meskipun blm bisa berkurban

    ReplyDelete
  17. Insyaa Allah barokah ya mbak programnya, bermanfaat banget ini membantu sesama berbagi kebahagiaan!

    ReplyDelete
  18. MashaAllah~
    Program Dompet Dhuafa ini sangat meringankan sekali bagi yang ingin tetap berkurban namun dengan dana terbatas.

    Barakallahu fiik, Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  19. Program dompet dhuafa emang bagus programnya dan tahun ini aku off tidak berkurban

    ReplyDelete
  20. Masya Allah program dompet dhuafa ini terus berjalan ya dari tahun ketahun salut dan juga laporannya transparan

    ReplyDelete