SEDEKAH DAGING KURBAN DI ZONA MADINA DOMPET DHUAFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, ...

Alhamdulillah, di tahun ini kita masih bisa bertemu dengan Bulan Dzulhidjah dan umat muslim diseluruh dunia menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020 dengan hati lapang dan gembira.

Dok Blogger




Bagaimana tidak karena saat ini kitapun sedang diberi cobaan dengan adanya wabah Covid 19 yang mendunia. Kesabaran dan kepedulian kita kepada sesama tersentil!

Kerendahan hati dalam kesederhanaan hidup seolah-olah menjadi "tuntutan" dalam sikon sekarang ini.

Di bulan ini, Ibadah kurban adalah salah satu yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Dok Blogger

Dok Blogger

Makna sesungguhnya Idul Adha adalah tentang keikhlasan seorang ayah bernama Nabi Ibrahim AS yang merelakan putranya yang telah dinantikan selama bertahun-tahun kedatangannya, untuk dikurbankan sesuai dengan perintah-Nya. #KebaikanKurban

Namun, Allah berikan kuasa-Nya dengan menggantikan putra Nabi Ibrahim dengan seekor domba yang besar dan gemuk.

Dari peristiwa tersebut, kita dapat mengambil banyak sekali pelajaran penting yang sangat berharga.

Terkadang Allah ingin tahu seberapa besar keimanan dan cinta kita kepada-Nya, apakah kita masih menomorsatukan Allah atas segala apapun yang kita miliki.

Jadi meskipun sikon pandemi seperti sekarang di mana sektor ekonomi menjadi sektor yang paling terasa dampaknya bagi hampir semua manusia, namun semangat berkurban jangan sampai luntur.

Hari Raya Kurban merupakan salah satu perayaan besar bagi umat Muslim. Ratusan ribu kambing dan sapi dipotong sebagai bentuk ketaqwaan pada Allah SWT.

Namun menurut data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies), masih banyak masyarakat yang belum merasakan daging kurban karena keterbatasan ekonomi, terutama di wilayah luar Jakarta.

Dok Blogger

Dok Blogger

Dok Blogger

Nah Dompet Dhuafa dengan kiprahnya Sejak tahun 1994 atau 26 tahun lalu, menggaungkan ENGGAK PERLU KELUAR RUMAH UNTUK KURBAN LEBIH MUDAH,  bagi yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban, namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban, terutama di wilayah pelosok melalui Sedekah Kurban.

Melalui SEDEKAH DAGING KURBAN, donasi akan dikonversikan menjadi hewan kurban yang akan disalurkan ke masyarakat kurang mampu di berbagai wilayah di pelosok Indonesia. Nominal donasi adalah Rp100.000,00.

Dok Blogger

Jumat 31 Juli 2020 bertempat di Zona Madina Parung Bogor, Jawa Barat saya berkesempatan menyaksikan pemotongan dan pendistribusian hewan kurban untuk program SEDEKAH Daging Kurban.

Seekor sapi siang itu siap untuk disembelih dan diberikan pada penerima manfaatnya seperti warga sekitar zona yang memang kebanyakan dhuafa dan lansia. Apalagi pas pandemi ini, mereka juga banyak terdampak.
Serta tenaga medis di rumah sakit seperti OB, perawat, admin, security, dan sebagainya.
Kika : mba Aliah & Atika dok Blogger

Acara yang dipandu oleh mba Aliah Sayuti ini di awali dengan sambutan oleh mba Etika Setiawanti, Selaku GM Marketing Communication Dompet Dhuafa dan diakhiri dengan pembagian langsung SEDEKAH Hewan Kurban.

"Jumlah kurban dan jumlah penerima sama tahun ini, paling selesai hari tasyrik kita akan tahu hasil totalnya. Sementara ini jumlah hewan kurbannya adalah 38 ribu setara doka (domba kambing). dan masih akan potensi bertambah sampai besok closing.

Untuk yang Kurban (kambing), di zona akan ada 3 hari pelaksanaan ya. Tadi pagi dan besok" kata mba Etika Setiawanti,

Chef Aiko Sarwosri Isra juga ikut menyemarakan acara ini dengan melakukan demo masak daging kurban yang dimasak menu masakan jawa tengah yang hit yaitu Tengkleng. Masakan yang orang sudah sangat familiar, tapi kadang orang suka salah mengucapkan he he he termasuk juga saya. What about U? 😄
Cheers! Dok Blogger

Sesi seru selanjutnya adalah ketika kami para Blogger diminta untuk ikut lompa plating dari masakan Tengkleng Chef Aiko. Wulala nggak nyangka saya dan rekan saya mba Tuty Queen terpilih sebagai best favorite di samping 2 rekan Blogger lainnya. Alhamdulillah rejeki anak sholeh...ha ha ha.

Ini adalah liputan pertama saya secara offline sejak pandemi ada. Makanya Dompet Dhuafa pun menerapkan social distacing dalam pelaksanaan disamping penggunaan masker, face shield dan tentu saya dalam kondisi sehat. Jumlah orang yang ada dalam area pun dibatasi. Alhamdulillah liputan yang selalu sarat makna. Terima kasih Dompet Dhuafa.

Dok Blogger

Begitu banyak hikmah indah tentang berkurban yang Allah janjikan. Masihkah kita ragu? Masih ada waktu untuk berkurban, temans ☺

Akhirnya saya ucapkan
Selamat Idul Adha 1441 H, Semoga di hari yang suci ini membuat hati kita semakin ikhlas menerima semua cobaan di masa-masa terberat seperti saat ini.

Aamiin...

No comments :

Post a comment