Tips Anak Belajar Saat Pandemi

12 comments

Freepik

"Duh susah banget deh kalau bangunin anak untuk belajar online setiap pagi" ... "Belum lagi pake drama ini itu nya".. Harus super duper punya stok sabar yang banyak..

Keluhan di atas pasti tau kan dari siapa dan dalam sikon seperti apa. Ya, sejak pandemi melanda negara, anak-anak kita terpaksa belajar secara online. Pun saat ini sudah mulai diberlakukan kebijakan PTM atau Pembelajaran Tatap Muka, namun porsi belajar anak secara online masih dominan.

Keluhan tersebut dialami oleh semua orang tua dan beban ini menjadi lebih berat apabila memiliki lebih dari 1 anak yang harus belajar secara daring. Kondisi tersebut menambah peran orang tua di rumah terutama ibu untuk dapat berperan sebagai guru di rumah. Berbagai strategi dan cara dilakukan agar anak dapat belajar semaksimal mungkin walaupun dari rumah.

Dok. Pribadi

Beberapa tips agar anak nyaman belajar di rumah antara lain :

1. Ciptakan suasana yang kondusif

Agar anak memiliki semangat untuk mau belajar, orang tua dapat menyiapkan sarapan kesukaan anak di awal hari sebelum anak-anak mulai belajar. Menyediakan perlengkapan belajar seperti alat tulis dengan karakter yang disukai anak atau meja belajar lipat dengan warna favorit anak dapat membangun semangat anak untuk belajar.


Dok. Pribadi


2. Mempertahankan Kebiasaan2 saat belajar normal

Aturan seperti harus bangun pagi setiap hari terutama saat hari sekolah harus tetap diterapkan. Sampaikan ke anak bahwa belajar di rumah dengan di sekolah sama saja. Jadi kebiasaan seperti saat belajar tatap muka/normal tetap harus dilakukan. Begitu pula dengan tugas dan PR. Intinya yang berubah hanya tempat belajar yang sebelumnya dilakukan di sekolah, selama pandemi dilakukan di rumah.

Dok. Pribadi

3. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

Baca juga : Home Learning Yang Mengugah Peran Dasar Ibu

So, ada yang mau menambahkan? Tulis ya di kolom komentar bagaimana pengalaman teman - teman ketika anak berhadapan dengan belajar online dalam sikon pandemi ini, terima kasih

Related Posts

12 comments

  1. belajar daring emang mengubah kebiasaan dan kedisiplinan juga sih ya, orang tua mesti banget nih pinter2 ngatur good habit nya anak buat belajar di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, mood ortu baik time managementnya juga baik, Insya Allah daring juga bak ya

      Delete
  2. Drama belajar online memang sesuatu banget ya. Rasanya ini jadi masalah semua orang tua deh. Bangun susah, giliran udah depan HP/laptop gak fokus. Belum lagi seringnya off kamera. Anakku malah pernah ketiduran depan laptop hahaha (malah ikutan curhat)

    Makasi tipsnya kakak
    Semoga pandemi segera berlalu. Belajar offline lagi deh

    ReplyDelete
  3. Orangtua memang dituntut kreatif, mengingat PJJ semua dilakukan dari rumah dg pengawasan ibu.

    ReplyDelete
  4. Sebetulnya kalau saya gak terlalu merasakan drama saat anak-anak sedang PJJ. Mereka mudah dibangunin. Meskipun di tengah-tengah pelajaran terkadang ketiduran hehehe. Tetapi, mereka semakin bisa belajar mandiri.

    Poin-poin di atas, terutama yang nomor 1 dan 3 memang sudah dibiasakan sejak kecil kalau mereka harus belajar di rumah. Jadi mungkin itu yang bikin suasana belajar selama PJJ gak terlalu drama

    ReplyDelete
  5. Pandemi ini memang mengajarkan kita banyak hal, ya. Bukan cuma anak-anak aja yang mesti sekolah dari rumah, pun juga dengan para orangtuanya yang mendampingi. Semoga lancar aktivitas belajarnya :))

    ReplyDelete
  6. Belajar daring bisa menjadi rutinitas yang membosankan bagi anak ya. Nah, kalau ada kreativitas dari orang tua untuk menciptakan suasana kondusif seperti yg ditulis di artikel ini, anak pasti jadi bersemangat belajarnya

    ReplyDelete
  7. selama sekolah daring, keponakan aku ngeluh karna ga paham sama materinya. maklum saja smk, jadi ada beberapa mata pelajaran yang menurut dia masing asing.

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah nikmat banget mbak git jadi guru dadakan buat mendampingi haidar belajar daring, belum lagi kalau adeknya udah bangun gangguin. Berasa banget disini peran guru tuh emang tidak mudah yah.

    ReplyDelete
  9. bener nih, sebisa mungkin kita bisa ciptakan suasana yang kondusif untuk belajar, soalnya di rumah tuh anak biasanya lebih suka bermain. sekolah daring ini bikin pening palak mamak, apalagi buat yang anaknya yang baru naik dari TK ke SD, hehe..

    ReplyDelete
  10. Pastikan perut anak sudah terisi sebelum belajar biar pelajaran yang didapat masuk ke otak dengan baik. Hampir 2 tahun jadi guru online, saya jadi terbiasa lihat anak nggak mau belajar alasan capek.

    ReplyDelete
  11. Iya nih, kadang gitu ya suasana kondusif perlu juga, misalnya siapin ruang yang cukup steril dari suara2 adeknya or keluarga lainnya, apalagi anak sudah rapi pakaian sekolahnya

    ReplyDelete

Post a Comment