Tips Belanja Online Saat Pandemi

37 comments

Wanita dan belanja.. Dua kata yang memiliki hubungan sangat erat, setuju kan?!๐Ÿ˜€ Yang namanya wanita memang selalu dikaitkan dengan hal- hal yang bersifat materialistis. Penampilan jadi salah satu alasan kenapa yang namanya wanita hobi belanja. 

Freepik

Baju sebisa mungkin punya seri warna yang lengkap. Mulai dari warna dasar sampai warna- warna kekinian yang sedang hits. Lanjut ke aksesoris pendukung, mulai dari tas, sepatu sampai make up diusahakan ready to wear alias selalu ada saat dibutuhkan. Heboh kan ngebayanginnya๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Dokpri

Buat kaum pria kehebohan ini umumnya ditunjukkan dengan geleng-geleng kepala. Saat harus menghadiri suatu acara, seorang wanita bisa lho bilang nggak punya baju padahal satu lemari di rumah isinya ya bajunya, hahaha

Dibalik sifatnya yang selalu dikaitkan dengan hal - hal yang berkaitan dengan materialistis, wanita justru makhluk yang multi tasking. Di saat pandemi melanda, para wanita dituntut berperan ganda. Sebagai ibu yang mengurusi rumah tangga, guru bagi anak - anaknya dan diri sendiri yang memerlukan me time. 

Dokpri

Keterbatasan ruang gerak untuk membeli semua kebutuhan guna memenuhi peran ganda tadi tetap harus bisa dilakukan dari rumah. Alhasil belanja online lah solusinya.

Belanja online itu memang simple tapi kita harus tahu tipsnya agar belanja online tetap nyaman :

1. Kebutuhan vs Keinginan

Akses tanpa batas membuat kita dengan mudah mencari apa yang dibutuhkan. Namun kadang kala kita lupa dan tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ada baiknya kita catat barang-barang yang kita butuhkan dan hindari membrowsing barang yang tidak masuk daftar kebutuhan.

2. Harga

Banyaknya marketplace saat ini membuat terjadinya perang harga. Luangkan waktu sejenak untuk membuka beberapa marketplace agar kita tahu harga barang yang terbaik.

3. Sale

Biasanya di waktu-waktu tertentu marketplace mengadakan sale. Sikon ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan dengan harga murah

4. Kualitas  Barang

Banyaknya penjual di berbagai marketplace membuat pemilihan kualitas barang jadi hal yang lumayan memakan waktu. Untuk itu ada baiknya kita langsung berbelanja di portal yang kita sudah kita kenal atau pernah berbelanja di offline storenya. 

5. Kuantitas Barang

Biasakan berbelanja sesuai kebutuhan. Kadang kala seller menawarkan barang dengan harga miring namun dibandrol dengan barang lain atau dalam paket jumlah banyak. Hindari membeli barang dalam jumlah banyak walaupun diiming-imingi dengan harga yang murah. Karena kalau dihitung-hitung, tanpa sadar kita mengeluarkan biaya lebih untuk barang yang tidak kita butuhkan.

6. Bebas ongkir

Kalau yang ini, biasanya jadi tawaran yang menggiurkan. Lumayan kan mengurangi biaya.

Bebas ongkir juga jadi pertanyaan paling banyak pada saya, ketika awal lockdown saya berjualan daster , pashmina plisket dan saat ini tunik. Untuk persiapan lebaran.

Jujur saya tidak memberikan bebas ongkir tetapi memberikan diskon pada teman - teman yang membeli daster misal 10 piece dalam satu seri. Atau random dengan minimal pembelian 2 lusin.

Alhamdulillah sampai hari ini bisnis online yang saya jalankan dengan sistem dropship ini berjalan lancar.

Lancar dalam arti pengiriman barang sampai tepat waktu dan sesuai dengan yang dipesan. Senangnya juga kata teman yang jadi patner bisnis saya JNE sebagai tempat pengiriman barang lokasinya dekat juga dari tempat tinggalnya.  Jadi transaksi jual beli setiap hari lancar, dari mulai menyiapkan pesanan hingga melakukan pengiriman pesanan.

Dok JNE

Oh iya bulan Januari lalu, JNE Bantul membuka smart point yang berlokasi di Dawang RT 12 Jl Parangtritis km 11 Manding, Sabdodadi Bantul Yogyakarta. Smart point ini merupakan pengembangan dari JNE Cabang Bantul yang semula berlokasi di Jl. Wachid Hasyim No. 19 Ringinharjo Bantul.

Wah kebayang deh teman - teman daerah yang punya bisnis akan senang ya karena semakin mudah menjangkau titik layanan JNE. 

DokJNE

Ada dua sales counter JNE di setiap Kecamatan karena Bantul memiliki 17 Kecamatan dan 75 kelurahan. 

Dalam sambutan pembukaan pak Marsudi, Head Regional Jateng-DIY mengatakan "Pengembangan ini merupakan salah satu upaya JNE yaitu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten. Salah satunya adalah pada tahun 2022 ini JNE di seluruh Jateng-DIY melayani pick up 24 jam" 

#smartpointjnebantul 

#jnebantul #connectinghappiness

So, walaupun belanja online tinggal klak klik klak klik aja, namun pada prakteknya butuh ilmunya juga kan. Biar belanja online menyenangkan, harus tau tipsnya agar jadi smart shopper. Happy shopping guys...


Related Posts

37 comments

  1. Ga bisa dipungkiri, kehiatan online shopping sejak pandemi ini makin meningkat ya mba ๐Ÿ˜„. Aku sendiri sampe belajar pasar aja, pake aplikasi online. Seminggu sekali beli, barang dianter Ama jastiper di pasar yg dipilih, langsung Anter ke rumah. Enak dan ga kuatir desak2an di pasar.

    Tapi aku juga ga mau bablas sih, takunya malah exceed dari budget. Jadi kalo barang2 yg dibeli sebnernya hanya laper mata aja, aku ga mau LGS beli saat itu juga. Tungguin Ampe seminggu, trus liat lagi, masih pengen atau ga ๐Ÿ˜„. Kalo udh ga, ya delete dari keranjang.

    JNE keren nih masih bertahan dan dipercaya sampe skr. Aku LBH suka JNE juga buat pengiriman barang. Apalagi ada di Deket rumah salah satu agen nya. Jadi enak kirim2 barang ga perlu jauh. So far juga selalu baik paket yg dikirim atau terima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru ya, ha ha ha . Aku sampai belajar bisnis ini aku ikutin jam ngantor biar "nggak lupa waktu " ha ha ha mksh ya udah mampir berbagi cerita pakai JNE

      Delete
  2. Belanja emang bkin happy ya ka apalagj kalo bisa dapat baju yang bagus trus bisa dapatin harga diskon pas pandemi hampir semuanya kalo belanja melalui online apalagi gencar dengan promo ya

    ReplyDelete
  3. Pas lagi pandemi, emang bener sih belanja online jadi hal urgen dan dinikmati bukan hanya Buk ibuk, tetapi juga Pak bapak. Mau gak mau, takut penularan jadi masalahnya. Untung sekarang belanja jadi gampang karena bantuan JNE ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba, rasanya nyaman aja ya kirim atau trima barang melalui JNE

      Delete
  4. Saat belanja online kita juga perlu melihat toko dan testimoni biar gak kecewa setelah membeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat kak, aku suka gini juga liat yang pada komen, bukan melulu tampilan barang di galerinya ya

      Delete
  5. Kalo urusan kirim barang aku udah pasti pilih JNE, aniway buat JNE Bantul semoga makin sukses dan berikan pelayanan terbaik buat pelanggannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ikut senang ya JNE ada dimanapun teman - teman membutuhkan

      Delete
  6. Saya juga sering belanja online, dari sabun, makanan, baju. Awalnya coba-coba, lama-lama nyaman dan mudah juga prosesnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kak, aku minyak goreng aja online lho kemarin ha ha ha cari yg masih sekitar lokasi banyak malah

      Delete
  7. Naah ongkir emang jadi pertimbangan yang sering aku perhatiiin mbak, lumayan soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, pun ya emang berkaitan dengan jarak tempuh ya

      Delete
  8. Di usia tidak muda lagi seperti ketika masih 20-an, sekarang dalam berbelanja lebih mementingkan pada Kebutuhan bukan keinginan (ini sudah lewat masanya). Jadi saat belanja secara online memang saya butuh dan cari yang free ongkir dan tentu dengan JNE yang juaranya dalam pengiriman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh setuju sangat kak, malah ini ada pandemi JNE datang untuk teman - teman Bantul dan sekitarnya. Nah nggak ada yg kebetulan kan...melalui JNE Allah mudahkan teman belanja kebutuhan atau menjual produk - produknya

      Delete
  9. Bener banget, selama pandemi kegiatan belanja online meningkat dari segi kuantitas plus kualitas. Lebih pada kebutuhan daripada keinginan karena ngerem pengeluaran juga. Makanya cari jasa kurir yang andal tapi bisa dapat diskon ongkir.

    ReplyDelete
  10. Sekarang belanja online sudah jadi kebutuhan banyak orang, apalagi di masa pandemi begini ya. Dan salut sama JNE yang terus berinovasi.

    ReplyDelete
  11. wakakkaak tiap mau datang ke acara bingung karena ga punya baju padahal ...
    dulu pun aku begitu Mbak Gita, trus akhirnya pilih baju netral dan tambahi koleksi jilbab yang meliputi berbagai warna brand. Ga bingung lagi kan
    btw, JNE Bantul banyak yah cabangnya. Makin mudah ni olshop di Bantul kirim paket.

    ReplyDelete
  12. Belanja online mah penuh godaan kak. Kalo ga bijak bisa boncoooos rekening hahahah. Eh jadi dropsipper tuh gimana kak cara kerjanya? Seberapa cuan? Hihihi #kepo dan emang pengen belajar bisnis online.

    ReplyDelete
  13. yesss, aku suka bandingin harga sama promo2nya dulu klo mau belanja online hihi, apalagi kalau bebas ongkir yaa sebuah pengiritan banget deh, dan JNE juga kasih layanan itu

    ReplyDelete
  14. JNE makin mendekat kan diri ke konsumen, selamat untuk JNE Bantul.

    ReplyDelete
  15. Belanja online maikin diburu nih, apalagi kalo ada promo menarik diskon atau gratis ongkir.

    ReplyDelete
  16. belanja online itu memang harus jeli yaa mba, inget kemarin pengalaman mamaku, krn gak jeli ketipu gambar dan detail produknya beda dan gak ada sikap juga dari pihak ecommercenya nih, mengesalkan juga sih jadinya, krn ada oknum2 kaya gitu yang manfaatin orang2 tua yg gak jeli gitu

    ReplyDelete
  17. Buat saya testimoni juga sangat penting. Apalagi kalau saya baru belanja di seller tersebut. Kalau testimoninya bagus, baru tertarik belanja. Mengenai kurirnya sih udah gak ragu. Pake JNE pasti cepat sampe. Ramah pula kurirnya.

    ReplyDelete
  18. lihat JNE Bantul buka smartpoint dan perluasan gedung jadi ingat oleh-oleh khas Bantul. Enak lhooo ada yangko, bakpia, cokelat, dll. Pesan aja kali yah trus kirim lewat JNE supaya cepat sampai, enggak keburu basi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin enak yaa mba jadinya, bisa beli oleh2 khas daerah lebih mudah dan ga khawatir basi niihh

      Delete
  19. Belanja online selama pandemi itu jadi makin sering. Paling sering beli makanan kucing dan buku. Memang seru sih belanja, asal jangan bablas. Kalau untuk jasa kirim sekarang makin banyak ya pilihannya. JNE salah satu yang inovatif. Salam kak Gita @depus

    ReplyDelete
  20. Bebas ongkir itu pilihan penting kak,
    karena jadi memudahkan aja belanjanya. Apalagi dukungan JNE, yang pengirimannya cepat dan mudah di tracking

    ReplyDelete
  21. Kalau belanja online biasanya saya masukkan ke dalam keranjang market placenterlebih dahulu. Kalau tidak penting banget biasanya pembeliannya ditunda.

    ReplyDelete
  22. Aku biasanya kak Gita belanja di tiap bulan yang bertema. Seperti kemarin 3-3. Tanggal 3 bulan 3. Nah biasanya selain diskonnya yang lumayan gede dengan banyak barang pilihan aku juga dapat free ongkir. Ini yang untung banget kak.

    ReplyDelete
  23. Bandingin ke semua marketplace dulu ya kak sebelum checkout hahaha. Kadang aku suka "masukkan ke keranjang" aja semua yang kupingin beli, baru beberapa hari dipikir-pikir apakah layak checkout. Kalau ga ya ku delete aja hihi (enaknya belanja online gini :p). Btw congrats JNE, yang semakin lama semakin maju ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  24. Kalau aku tentu banyak keingianan, wakakak, tapi ujung-ujungnya mikir lagi lebih baik belanja kebutuhan yang mana. Minimal barang yang dimau, taro dulu di merangkang marketplace, kalau ada uangnya tinggal check out.

    ReplyDelete
  25. Pandemi malah jadi bikin umm bergairah ya dengan melayani pembelian online. Semoga pandemi cepat berakhir jadi para pelaku usaha bisa kembali beraktifitas spt biasa.

    ReplyDelete
  26. Dulu kalau belanja online tidak terkontrol. Sekarang, udah nggak. Malah suka bingung mau beli apa. JNE makin luas saja ya Mba cabangnya, bener-bener menjangkau ke seluruh daerah.

    ReplyDelete

Post a Comment