Tips Menghadapi Orang Yang Suka Manipulatif Situasi dan Kondisi

49 comments

Saya selalu senang kalau bisa jadi moderator dalam satu acara diskusi. Selain bisa  mengarahkan jalannya diskusi supaya tetap on track juga dapat belajar dari narasumber, bagaimana step by step masalah itu dipecahkan.

Diskusi memberi banyak manfaat dan ilmu pengetahuan. Bukan hanya bagi moderator, peserta diskusi, bahkan untuk narsum sekali pun. Ini poin penting dari satu diskusi. Untuk yang curhat atau menyampaikan masalah akan mendapat solusi, untuk narsum sendiri jadi update juga apa sih yang terjadi atau lagi trend di bahas saat ini. Dan buat saya diskusi akan memperkaya wawasan yang ujungnya dari hasil diskusi ini bisa saya sharing kembali ke teman, keluarga atau pada pertemuan acara lainnya. Karena sebaik - baiknya pekerjaan adalah yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain. 

Freepik

Nah dalam satu diskusi minggu lalu ada teman yang curhat bagaimana menghadapi teman yang nampak tidak tahu dengan satu masalah yang sedang terjadi padahal aslinya tahu banget. Bahkan bisa di bilang kepo terdepan ha ha ha.

 "Justru teman ini malah suka sebagai pemberi informasi pertama kak, dan disampaikan kemana - mana "kata teman yang curhat 

"Nampak kaget kak "tambahnya.  "Kalau kita bertanya ada apa, kenapa dan mengapa"? Jadi  kayak pura - pura bego gitu kak, padahal gasture itu kan nggak bisa nipu ya. Karena  saya melihat teman ini justru dalam moment - moment tertentu so close banget lah , nah bagaimana saya menyikapi sikon seperti ini?

Dan komenpun langsung cepat berdatangan, karena curhatan seseorang biasanya bisa mewakili juga sikon yang sedang dialami orang lain. Jadi gayung bersambut sangat cepat. Diskusi jadi hidup!

Narasumber pun sampai berkali - kali mengirimkan emotion smile karena antusiasnya peserta diskusi.

Dari semua komen yang masuk, saya merangkum kalimat yang paling banyak disampaikan adalah "hati - hati lho dengan teman yang suka manipulatif sikon".

Freepik

Apa itu manipulatif ? Dari penjelasan bu Nuke Arafah seorang Psikolog,  Manipulatif adalah upaya ketika seseorang menggunakan strategi untuk mengendalikan, memiliki kekuasaan atas, atau mengorbankan orang lain. Manipulatif adalah perbuatannya sedangkan manipulator adalah sebutan untuk orangnya.

Orang manipulatif juga dapat membuat korban menjadi tidak rasional dan lebih cenderung menyerah pada permintaan mereka. Jarang ditemui sikap manipulatif yang dilakukan seseorang bertujuan untuk kebaikan, karena biasanya dari berbagai peristiwa yang ada,  manipulatif banyak dilakukan justru untuk menjatuhkan seseorang. 

Dari cerita teman di atas bukan tidak mungkin sikon ini diciptakan untuk menutupi kekuranganya atau justru si manipulator ini tanpa sadar ingin mengadu domba, antara teman yang satu dengan lainnya tapi secara smooth. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan "keuntungan" atas dirinya yaitu semua yang terjadi seolah - olah nggak ada sama sekali andil atau campur tangannya bahkan jejaknya kalau bisa jangan ada bekas.

Orang yang manipulatif itu justru mencitrakan atau mengesankan dirinya nampak tenang. "Lugu/polos" seolah - olah tidak tahu apa- apa bahkan gosip yang terhangat sekalipun, padahal gosip itu beredar bukan tidak mungkin sumbernya justru datang dari dirinya. 

Ibarat kata dia kepo, menyebarkan berita tapi dibungkus sedemikian rupa , begitu rame dia malah bisa bertanya ada apa nih? Bahkan bisa menjawab dengan kalimat oh itu, oh itu katanya itu...menurut ini sih...dan sebagainya dan lain - lain.

So, lantas bagaimana menyikapi teman yang suka bikin manipulatif sikon : 

1.  Tetap baik

Mengutip kata ustad dalam satu kajian, Alhamdulillah bukan kita yang punya perilaku suka manipulatif sikon. Pegang ini dulu. Kita baik, baik saja sama orang tidak ada tendensi apapun. Blasssss tulus aja. 

2. Tenang

Karena dari keburukan yang orang lain ciptakan, kita justru bisa belajar secara gratis tentang orang tersebut tanpa perlu bolak balik stalking sosmednya, apalagi cari tahu dan akhirnya sibuk membicarakan di belakang. Nothing!

3. Nggak perlu direspon

Orang manipulatif, sejatinya terbaca. Pun dibutuhkan kepekaan. Sama halnya orang berghibah atau sebangsanya kalau nggak direspon maka tidak akan berkembang. Alias stag diam ditempat.

4. Perhatikan mata dan gasturenya 

Kalau teman yang manipulatif  sedang melancarkan aksinya , sekecil apapun aksinya disembunyikan, sesungguhnya mudah mendeteksi. Karena isi hati itu susah untuk disembunyikan.

5. Gue tahu lho permainan loh ! 

Sekali - kali boleh juga move pada saat yang tepat. Ha ha ha . Bukan move untuk menjatuhkan ya, karena kasihan. Bayangkan dia sudah sangat memikirkan bagaimana strategi yang dia bangun. Ini tentu butuh energi lebih. Dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dari info ke si a sampai ke si z,  dari satu tempat ke tempat lainnya.Sangat lelah. Jadi cukup katakan dalam hati "gue tahu permainan loh ! 

Semoga bermanfaat. Manusia adalah tempatnya salah. Semoga kita semua dijauhkan dari hal - hal yang tidak bermanfaat dan didekatkan dengan kebaikkan untuk dunia dan akherat. Aamiin.

Kalau teman - teman punya pengalaman lain tentang teman yang suka manipulatif sikon, silahkan tuliskan cerita kalian di kolom komentar ya. Terima kasih. 

Related Posts

49 comments

  1. Sebenernya berarti orang kaya gini sengaja gitu ya mbak Gita untuk memanipulasi kondisi? iya juga sih kadang kita bisa tau ya orang ini kaya gimana sebenarnya.
    Cape juga ya dia udah bikin strategi dari bangun tidur sampai tidur kasihan kecapean kak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes kak, kadang manipulatifnya dilakukan bisa juga buat cari info...
      Benar ,sangat lelah. Makanya doanya adalah semoga ditemukan dengan orang - orang baik ya. Aamiin 🙏

      Delete
  2. Gw sih langsung cuekin kalo ada org manipulatif gitu. Pura2nya sih perhatiin omongannya, pas ada celah buat skak mat, ya langsung skak mat dan tinggal kabur dah. Org manipulatif kayak gini emang orgnya suka diperhatikan sih. Dan bnyk banget loh org di sekitar kita yg kayak gitu. Tipsnya di atas sangat2 membantu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih sudah mampir. Iya tidak merespon adalah baik

      Delete
  3. Cukup tahu sekalian tandain si A manipulatif. Enggak cocok dideketin.

    Btw manipulatif ini apa pasti negatif? Atau Ada sisi positifnya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti adalah lah kak, pun biasanya malah dilakukan oleh orang - orang yang tingkat kepercayaan dirinya rendah klo mengutif kata ahli

      Delete
    2. jadi buat menutupi kekurangannya itu yah malah bersikap manipulatif. semoga dijauhkan deh dari orang seperti ini.

      Delete
  4. Sepertinya manipulatif itu terlalu halus kalau memang kegiatannya merugikan orang lain. Mungkin bisa dikatakan licik gak sih?

    ReplyDelete
  5. Duh ngeri juga ya sama orang yg suka manipulatif gitu..
    Apa ga capek ya..
    Padahal kan imbasnya pasti ke diri mereka sendiri..

    Siapa yang menuai, dia pula yang akan memetik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat, makanya tidak merespon adalah baik. Karena orang manipulatif itu tunggu respon. Dari respon dia akan manipulatif lagi respon ini.

      Delete
  6. Yang manipulatif ini kayaknya emang suka bikin snewen. Gumussh. Hahaha. Harus banyak2 stok sabar, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Liatin aja karena memang ini udah jadi bagian dari passionnya , xi xi xi.

      Delete
  7. Aha Kak Gita aku banyak nih menjumpai orang-orang manipulatif seperti ini.Sudah tau tapi pura-pura o"on mau cari tau kepoh untuk jawabanku. Yang kaya gini aku cuekin aja bahkan kalau rada kesal ya tinggalan

    ReplyDelete
  8. Ngeri ya kalau ada di pertemanan kita suka manipulatif. Semoga kita dijauhkan dari orang2 yang semacam itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Jahat yang gini malah. Mending duel satu lawan satu ya kak, eh ha ha ha

      Delete
  9. Seperti detektif gitukah? Di lingkungan saya sih tidak ada. Apa karena emak-emak seusia saya. Jadi tidak ada kepentingan untuk melakukan hal tersebut. Ngurus anak dan ngaji aja. Banyak juga yang sudah senior, anak-anaknya sudah kerja.
    Kalau di lingkungan kerja juga masing-masing mengerjakan pekerjaan, jadi tidak sempat bikin intrik semacam itu. Kalau ada apa-apa biasanya dibicarakan antar personal.
    Anyway terima kasih sudah beri tahu cara menghadapi orang seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba, tapi emang mesti gitu ya mba, makin usia bertambah makin matang cara berfikir, jadi tinggal menikmati aja ya kerja, urus keluarga dan sosialisasi dengan peer grupnya. Terima kasih banyak mba sudah mampir juga

      Delete
  10. Klo detektif mah masih jelas mba maksud dan tujuannya, 😂

    ReplyDelete
  11. Tipsnya bermanfaat sekali kak. Terutama untuk tipe si polos yang suka dimanfaatkan orang sok polos a.k.a manipulatif 😅

    ReplyDelete
  12. Udah nemu satu - dua orang yang kelakuannya begitu fake ... antara sedih dan seneng aja sih pada saat dipisahkan

    Lelah buuun, ngadepinnya! Tiap saat akunya juga kudu sandiwara babu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya kita harus milih ya, karena setiap usia juga ada tantangannya

      Delete
  13. Ngeri banget kalau bertemu orang yang suka manipulatif. Karena, tidak bisa dinilai secara kasat mata, jadi harus hati-hati, ya. Jangan terkecoh oleh tingkah lugunya.

    ReplyDelete
  14. aku sempat menulis artikel organik yang agak mirip ini mbak gita, memang kita harus berhati-hati terhadap orang seperti itu. Kalau bisa jauh-jauh deh, dari orang-orang itu.

    ReplyDelete
  15. Nyesek banget emang rasanya ketemu orang manipulatif dan baru sadar setelah kita kehilangan diri sendiri. Jadi pelajaran bagi saya menganggap seseorang itu dapat dipercaya butuh waktu yang lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah itu adil banget, karena suka manipulatif sikon ya dibikin bingung juga kan si ahli sama sikon akhirnya

      Delete
  16. Saya lebih memilih menjauh dari orang manipulatif. Karena pernah kenal sama yang begini. Capeknya minta ampun meskipun udah berusaha gak ngeladenin. Pokoknya saya bawaannya langsung ilfil aja hehehe!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, setiap orang berhak memilih mau berteman dengan siapa ya

      Delete
  17. Males ngadepin orang kayak gini. Aku biasanya gak peduli mau orang bersikap bagaimana, asal nggak mengganggu aku. Kalau sampai mengganggu, baru aku bertindak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Mau akrab sama abcd, intinya jangan ganggu juga orang lain ya. Fair ini

      Delete
  18. Ketemu dengan orang manipulator bikin geleng kepala dan tindakan yang paling aman memang lebih baik menghindari. Biar nggak bikin hati kita kesal dan BT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, makanya pesan ortu itu udah paling benar ya berteman aja secukupnya, karena klo apa - apa ke sana kemari suka ada aja masalah kan

      Delete
  19. Selalu saja ada orang yang suka memanipulasi sikon. Untuk orang seperti ini, bersikap tenang dan nggak usah direspon paling tepat. Ya, tentu saja tetap harus bersikap baik dan berhati-hati kalau sudah tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat, baik tetap baik, karena klo kita sama buat apa sekolah ya kan?

      Delete
  20. dulu gak ngerti manipulatif malah gak tau kalau ada orang yang seperti itu, semakin ramai kesini semakin banyak yang bahas jadi nyadar, lah aku pernah jadi korban manipulator tapi sadarnya lama banget krn emang seorang manipulator itu ulung2 sekali menutupi sikon yang sebenarnya yah mba tp klo sekarang jadi lebih cepet ngeh sm orang yang manipulatif dan langsung bertindak tegas ajalah drpd dirugikan

    ReplyDelete
  21. Kalo ketemu orang model gini sih better cuekin aja. Jangan kepancing juga.

    ReplyDelete
  22. nah perlu mental baja, dan pendirian yang kuat ni buat menghadapi orang-orang yang manipulatif. kaya aku tuh udah berasa cape sendiri deh klo ketemu dan berhadapan sama orang-orang kaya gini

    ReplyDelete
  23. Dalam circle pertemanan pasti ada satu dua orang yg kayak gini sih. Jangan terpancing dengan pertanyaan atau komentar dia, dan balas sewajarnya aja

    ReplyDelete
  24. Baca ini jadi kebawa gemesnya, mbak. Karena, orang manipulatif ini asli nyebelin banget. Padahal dia yang yang emang jelas salah, tapi malah pura2 bego/polos kayak innocent gitu. Duh, amit-amit deh jangan sampe punya teman dalam satu circle kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya dalam doa pun kita selipkan semoga didekatkan dengan orang - orang yang satu circle untuk kebaikkan dunia dan akherat

      Delete
  25. hwaaaa mba Gita, manusia jaman skrg tuh macam-macam perilakunya ya. Untuk yg manipulatif giini, ngeri bgt. Kebetulan aku jg pernah ada diskusi soal org yg manipulatif gt, kayak beda aja pas ngomong kesini dan ngomong di tempat lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat, butuh cepat ngeh nih...Karena sang manipulator sikon ini bisa mengkondisikan "kayak nggak tahu apa - apa , tapi justru tahuuuuu banget bahkan kondisi ini justru doi yg menciptakan

      Delete

Post a Comment