Umroh dan Haji di Buka Kembali Senangnya Hati Ini

2 comments

 

Dok. Google


"Labbaik allahumma labbaik..." Bagi seorang muslim sejati, kalimat talbiyah ini terdengar begitu syahdu. Muslim dari negara manapun merindukan untuk bisa memenuhi panggilan-Nya, menghadirkan fisik dan batin datang ke rumah Allah.

Umroh dan haji menjadi satu-satunya ibadah yang memerlukan persiapan baik fisik, mental, maupun material. Persiapan ini yang membuat tidak semua muslim bisa memenuhinya. Sehingga bisa dibayangkan betapa beruntungnya orang-orang yang bisa pergi umroh dan haji.

Indonesia adalah negara muslim terbanyak yang memberangkatkan warga negaranya ke tanah suci. Bagi yang pernah menginjakkan kakinya di tanah haram pasti dapat dengan mudah mengetahui mengapa banyak orang yang mampu berbicara dalam bahasa Indonesia. 

Banyaknya warga Indonesia yang melaksanakan ibadah umroh dan haji  setiap tahunnya membuat para pelaku ekonomi terutama pedagang berusaha untuk belajar bahasa Indonesia agar bisa melayani tamu-tamu Indonesia dengan baik dan nyaman. Hampir di setiap sudut baik kota Mekkah maupun Madinah dengan mudahnya ditemukan warga negara Indonesia.

Namun kondisi ini berubah 180 derajat sejak pandemi melanda dunia. Pemerintah Arab Saudi mengambil kebijakan dengan mengeluarkan larangan bagi muslim di luar negaranya  melaksanakan umroh dan haji. Baitullah yang sebelumnya selalu dipenuhi jutaan muslim dari berbagai dunia mendadak berubah keadaannya. Sepi dan dingin. Hanya warga negara Arab Saudi yang diperbolehkan melakukan umroh dan haji dengan tetap menjaga protokol kesehatan. 

Keadaan ini membuat warga Indonesia yang sebelumnya sudah membayangkan dapat segera melihat langsung rumah Allah, harus rela dan bersabar menunggu kepastian kapan bisa berangkat.

Alhamdulillah belum lama ini kita mendengar bahwa pemerintah Arab Saudi memberikan signal positif akan segera mencabut larangan warga Indonesia melaksanakan ibadah umroh dan haji. Saat ini pemerintah kita sedang terus menerus menjalin komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi agar tercapai kesepakatan dan diharapkan pada pertengahan bulan November 2021 ini warga negara Indonesia sudah bisa berangkat melaksanakan umroh.

Semoga kerinduan untuk dapat bersimpuh dan memandang Baitullah secara langsung dapat segera dirasakan terutama bagi yang baru pertama kali akan berangkat. Berbagai cerita spiritual menjadi suguhan yang berkesan bagi saya saat bertemu dan berbincang dengan saudara, teman maupun kerabat yang baru pulang umroh atau haji. Ah, betapa beruntungnya mereka yang sudah terpanggil untuk merasakan pengalaman ibadah yang sangat indah di tanah suci. 

Doakan saya pun segera dapat merasakannya ya sobat muslim...Aamiin🙏

Baca juga :  Tukang Gambar Yang Merindukan Kabah

Cerita dong pengalaman kalian yang udah pernah pergi umroh maupun haji ya

Related Posts

2 comments

  1. bagi yang mau umroh sangat senang ya walau mungkin sekarang lebih ketat karena ada prokes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, iya pasti sudah ditunggu - tunggu yang pada niat ibadah umroh haji ini. Dengan ijin Allah keamanan dan kenyamanan bisa dirasakan kembali. Alhamdulillah

      Delete

Post a Comment