Tips Merenovasi Tempat Usaha

12 comments


Rasanya siapapun pengen ya punya usaha sendiri, tidak harus pagi- pagi datang ke kantor, tidak harus tungguin tanggal 25 atau awal bulan, tidak di kejar- kejar deadline kerjaan. 

Dokpri 

Yang setuju dengan gambaran di atas bisa dikatakan memiliki paradigma bahwa punya usaha sendiri itu lebih enak ketimbang kerja kantoran. Kalau kamu gimana, memilih jadi pebisnis atau karyawan nih?

Kalau saya sendiri sih ya memilih jadi pebisnis sih😁. Bukan cuma bisa bebas mengatur waktu dan lain- lain , tetapi bisa berbagi dengan rekan bisnis atau karyawan, siapa sih yang nggak mau, ya kan ?!

Dokpri

Cuma yang namanya jadi pebisnis pastinya tidak semuanya enak terus. Tanggung jawab mengatur perusahaan agar bisa berjalan lancar dan maju bukan hal yang mudah. Semuanya harus kita urus sendiri termasuk merevonasi tempat usaha.

Kalau sudah menyinggung renovasi, yang muncul seketika di kepala kita pasti biaya alias dana. Sering kita dengar kalau mau renovasi,dana yang harus kita siapkan minimal 30% lebih banyak dari anggaran.

Dokpri

Dokpri

Untuk itu saya mau sharing nih pengalaman saya merenovasi tempat usaha dengan menekan biaya serendah -rendahnya. Sebelum saya berbagi pengalaman renovasinya, saya kasih tahu dulu ya usaha yang saya geluti dengan beberapa teman bisnis adalah batu alam yang biasa digunakan orang untuk menghias taman, rumah, rumah makan dan lain - lain.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merenovasi suatu bagian/bangunan tempat usaha :

1. Kesesuaian antara bagian/bangunan yang akan direnovasi dengan bagian/bangunan lainnya

Kadang kala, saat kita mau merenovasi suatu bagian tertentu dari bangunan, kita abai mengkonsep kesesuaian dengan bagian lainnya. Alhasil saat renovasi hampir selesai kita baru tersadar bagian yang direnovasi tidak "nyambung" dengan bagian lainnya. Apabila ini terjadi, yang umum dilakukan adalah merenovasi bagian- bagian lain sehingga biaya membengkak.

2. Manfaatkan bahan-bahan lama

Sebuah renovasi tidak selalu memakai bahan-bahan baru. Sebut saja kusen pintu atau jendela. Bahan-bahan ini bisa digunakan kembali. Dengan memberikan sedikit sentuhan misal dicat dengan warna yang berbeda,maka kusen pintu atau jendela lama akan tampil berbeda.

3. Estetika 

Nilai estetika pastinya masuk jadi pertimbangan dalam renovasi. Hasil renovasi harus menghasilkan suatu tampilan berbeda dari sebelumnya yang bertujuan selain memiliki fungsi dan manfaat, dapat juga memberikan kesan/image yang lebih baik terhadap tempat usaha kita.

4. Waktu dan Anggaran Biaya

Hal terakhir yang justru menjadi hal pertama yang terpikirkan saat akan merenovasi tempat usaha adalah waktu dan anggaran biaya yang dihabiskan. 

Estimasi waktu menjadi pertimbangan penting agar proses renovasi tidak menghambat kegiatan produksi usaha. Adapun anggaran biaya harus dibuat berdasarkan harga terupdate atas bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan di samping memperhitungan bahan-bahan lama yang masih dapat digunakan seperti poin di atas.

Dokpri

Nah pengalaman saya merenovasi tempat usaha yang saya dan rekan-rekan miliki, kami mengambil konsep kembali ke alam. Konsep ini kami pilih agar senada dengan produk yang kami jual. Penggunaan batu alam serta bambu menjadi material dominan yang digunakan dalam renovasi kali ini. Selain itu ruang display/show room dibuat terbuka agar lebih memberikan kesan alami. 

Kalau bicara Kesan alami saya jadi ingat juga dengan perumahan Podomoro Park Bandung. Huniannya cozy dan menyenangkan lho. Jadi kalau kita masuk kita kayak ada di tempat liburan gitu gaes, karena hunian ini memang menyediakan fasilitas ala resor.

Kebayang ya bisa olah raga, berjalan - jalan dan kegiatan lainnya ditengah lingkungan yang asri. 

Dokpri

Semoga tempat usaha yang kami renov ini juga nantinya bikin betah costumer yang datang karena juga masih berada di lingkungan yang mempunyai udara sejuk dan pemandangan yang masih hijau. 

Demikian tips merenovasi tempat usaha ala kami. Semoga apa yang diuraikan bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang berencana merenovasi khususnya renovasi tempat usaha.

Related Posts

12 comments

  1. Bener mba, mau renovasi tempat usaha ataupun rumah tinggal, sebaiknya lebihin 30% dari budget. Krn dijamin pasti bengkak 🤣. Udh ngalamin aku pas renovasi rumah.

    Sebenernya memang lebih enak usaha sendiri ya, tapi pasti tanggung jawabnya juga jauh lebih gede. Mungkin itu kenapa aku blm berani ambil alih bisnis bakery shops papa, karena masih belum yakin. Tapi memang pelan2 harus belajar sih, setidaknya bagian finance, supaya ga dicurangi staff ataupun partner 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha benar mba , detailnya kita tahu semua itu emang harus ya, terima kasih sudah mampir ya

      Delete
  2. Aku pernah kak Gita renovasi di rumah tidak nyambung antara satu bagian dengan yang di renovasi. Itulah terlalu semangat tanpa perhitungan akhirnya nambah lebih biaya dari yang diperhitungkan. Jadi punya pengalaman nih seperti yang kak Gita ceritakan dalam tips merenovasi

    ReplyDelete
  3. Mau renovasi rumah atau tempat usaha memang terkadang suka ada aja nambahnya. Makanya harus dilebihin anggarannya hehehe. Apalagi kalau buat usaha pastinya harus mateng banget perhitungannya, ya. Jangan sampai bikin modal usaha juga jadi amblas.

    ReplyDelete
  4. Harus diperhatikan dan dirinci banget nih kalo mau renovasi rumah atau tempat usaha, terkadang suka ada aja yang berubah.

    ReplyDelete
  5. Renovasi rumah perlu persiapan dana khusus sih agar hasilnya optimal, dan bisa menciptakan estetika yg bikin kita jadi nyaman dan betah

    ReplyDelete
  6. Renovasi rumah perlu persiapan dana khusus sih agar hasilnya optimal, dan bisa menciptakan estetika yg bikin kita jadi nyaman dan betah. Demikian juga dengan renovasi tempat usaha, persiapan dana dan lainnya harus matang, agar suasana kerja yg baru makin mendukung produktivitas

    ReplyDelete
  7. Wah kak Gita buka tempat makan di mana? Penasaran ingin mencoba nanti kalau pandemi sudah usai. Selamat ya kak sudah renov, pasti sebentar lagi makin cantik tempatnya. Salam hangat. @depus

    ReplyDelete
  8. Kalau urusan renovasi, memang budgetnya harus dilebihkan. Terkadang ingin tambah ini itu, maksudnya baik, agar lebih nyaman.

    ReplyDelete
  9. mba aku baru tahu loh kalau kita ingin melakukan renovasi kita wajib melebihkan dari anggaran sebanyak 30%, setelah aku pikir2 bener juga yah karena ada banyak sekali pastinya rencana yang diluar rencana, tips renovasinya izin save yah mba

    ReplyDelete

Post a Comment