3 Tips Aman dan Nyaman Berbagi Online

19 comments
Doc Freepik

Dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, beberapa daerah di Pulau Jawa diguncang gempa. Mulai dari Cianjur, Garut dan Jember. Masih ditambah lagi gunung Semerupun meningkat aktivitasnya hingga berstatus waspada.

Rasanya baru saja kita bisa bernapas lega setelah lebih dari 2 tahun ruang gerak kita dibatasi akibat pandemi. Banyaknya sanak saudara dan kerabat yang terdampak hebat akibat pandemi sampai hari ini masih terus berjuang untuk bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi.


Doc Freepik

Berbagai kondisi di atas sudah selayaknya bisa membuka mata hati kita semua atas penderitaan yang dialami saudara-saudara kita. Berempati merasakan apa yang dirasakan orang lain menjadi langkah awal untuk bisa berbagi. Kepedulian untuk membantu meringankan bebas penderitaan bisa kita lakukan melalui berbagai aksi nyata. Menjadi relawan dan donatur adalah 2 aksi nyata yang sudah sangat familiar bagi kita semua.

"Saat pandemi kami melihat adanya animo masyarakat terutama di momentum kurban. Pada pandemi di tahun pertama kami mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan sebesar 46.000 ekor kurban yang harus kita salurkan ke penerima manfaat dengan tepat sasaran. Ini lah yang kita lihat betapa masyarakat Indonesia benar-benar layak menjadi negara paling dermawan di dunia, pada masa sulit pun aktivitas saling berbagi justru mengalami peningkatan,” kata Dian Mulyadi  Dompet Dhuafa

Dalam Islam, konsep berbagi sudah diatur dengan rinci. Hal ini ada dalam rukun Islam ke 3 yaitu membayar zakat. Setiap muslim yang memenuhi syarat-syarat tertentu diwajibkan untuk mengeluarkan sebagian hartanya sesuai ketentuan syariat Islam.

Kedudukan kewajiban untuk membayar zakat sejajar dengan kewajiban untuk mendirikan sholat. Dari sini kita semua bisa melihat betapa pentingnya zakat. Zakat memiliki 2 (dua) dimensi, hablum minallah dan hablum minannas. Zakat mereflesikan ketaatan seorang muslim atas perintah Allah SWT sekaligus sebagai bentuk kepedulian, empati kepada sesama manusia yang memerlukan bantuan/pertolongan dari segi ekonomi.

"Selama saya ikut dalam aktivitas berbagi di berbagai daerah saya merasa ternyata berbuat baik itu bisa menjadi sumber kebahagian bagi kita sendiri. Ingat selalu kata Rasul, Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat. Jadi pada dasarnya semua orang itu bisa berbuat baik dan bisa menularkan kebaikan,”Super Volunteer Dompet Dhuafa Chiki Fawzi

Chiki Fawzi Indonesia Giving Fest - Zakat Ekspo 2022

Melihat betapa pentingnya kedudukan zakat maka pengelolaannya pun harus ditangani dengan profesional. Tepat sasaran sehingga bisa memberikan dampak positif kepada kaum mustahik (penerima zakat) menjadi salah satu alasan berkembangnya lembaga-lembaga zakat di Indonesia.

Di sisi lain bagi muzzaki (pemberi zakat), menentukan pilihan lembaga zakat untuk menyalurkan kewajiban dan sedekahnya adalah satu hal yang harus diputuskan dengan baik.

Kalau kita bicara tentang zakat fitrah, zakat yang harus dikeluarkan kaum muslimin di bulan Ramadhan, berbagai masjid umumnya memberikan bantuan untuk mengumpulkan sekaligus menyalurkan zakat fitrah ini.

Namun dalam Islam, zakat tidak hanya meliputi zakat fitrah saja. Zakat mall, sedekah, infak menjadi turunannya. Pemberian zakat mall, sedekah dan infak ini lah yang memerlukan penanganan secara khusus karena diperlukan setiap saat.

Sebagai negara yang mayoritas adalah muslim, potensi zakat di Indonesia tentu lah sangat besar. Kembali lagi, penanganan serta pengelolaanya harus benar-benar dilakukan secara profesional sehingga besarnya dana zakat yang terkumpul mampu memberikan manfaat bagi kalangan yang memerlukan.

Kadang kala karena keterbatasan waktu serta kesibukan mengurus segala hal membuat kita memutuskan untuk memberikan donasi (zakat mall, sedekah ataupun infak) secara online. Untuk itu ada beberapa tips agar kita nyaman dalam berbagi.

1. Legalitas Lembaga

Hal terpenting yang harus kita amati dan sangat mendasar adalah izin operasionalnya. Secara nasional, kita memiliki BASNAZ yang dikelola oleh negara. Selain itu ada LAZ-LAZ yang direkomendasikan oleh BAZNAZ sebagai lembaga pengumpul zakat yang telah memiliki izin operasional dari Kementrian Agama. Nama LAZ-LAZ tersebut dapat dilihat di website resmi BAZNAZ.

Mohd. Nasir Tajang selaku Pimpinan BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta Bidang Kesekretariatan SDM dan Umum "Zakat bukan hanya disalurkan tapi bagaimana bisa memberdayakan"

2. Portofolio Kegiatan

Umumnya LAZ yang profesional memiliki website untuk memberikan informasi kegiatan penyaluran zakat, infak dan sedekah yang mereka kumpulkan. Ini juga menjadi bagian dari bentuk amanah dan tranparansi kepada masyarakat secara umum dan kepada para penyumbang secara khusus.

3. Rekomendasi BAZNAS

Seperti yang telah disinggung di atas, apabila kita berniat memberikan donasi baik dalam bentuk zakat, infak maupun sedekah, sebaiknya memilih LAZ yang telah direkomendasikan oleh BAZNAS.

Indonesia Giving Fest - Zakat Ekspo 2022

Nah kalau kamu mau tahu lebih detail bagaimana gerakan Zakat Indonesia memiliki dampak dan kontribusi dalam berbagai upaya penanganan hingga pemulihan di masyarakat datang saja ke pagelaran Indonesia Giving Fest - Zakat Ekspo 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal  23 - 25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. 

Festival ini melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat (FOZ) dari 31 provinsi dan setidaknya melibatkan 6.692.000 donatur, dan  menargetkan sekitar 15.000 pengunjung dalam 3 (tiga) hari perhelatan.

Dalam perhelatan ini kita akan tahu lho kemana dana donasi yang telah kita berikankan, siapa yang menerima manfaat dari dana donasi yang terkumpul tersebut, dan juga bagaimana sebuah lembaga kemanusia dapat memberdayakan satu lingkungan baik hardware maupun softwarenya. 

"Walaupun negara kita Indonesia di kenal sebagai negara yang dermawan ,bukan serta merta urusan donasi bisa gampang lho. Karena tetap ada bagaimana tata pelaksanaannya" Agus Budiyanto Direktur Eksekutuf Forum Zakat

Dengan niat yang baik dan lembaga yang tepat, insha Allah apapun yang kita berikan akan memberikan manfaat bagi sesama. Berbagi bukan hanya menggugurkan kewajiban sebagai muslim yang diberikan keluasan rejeki, namun juga menebarkan kebaikan bagi sesama.

Indonesia Giving Fest - Zakat Ekspo 2022


Related Posts

19 comments

  1. Urusan donasi memang harus tepat sasaran dan tentunya dengan lembaga yang tepat juga, dengan begitu si pemberi zakat/donasi dapat terus bersemangat berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena meleset sedikit aja nggak akan dipercaya selamanya ya

      Delete
  2. terima kasih sharing dan tipsnya, kak.. kadang2 memang ada rasa was2 bila ingin berbagi tapi adabya melalui online. Takut ketipu atau ini itu.. Nah..ternyata ada tipsnya agar ttp aman berbagi via online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, hati hati kudu pun niat baik kita Insya Allah udah dicatat Allah ya

      Delete
  3. Masya Allah ... adafestival besar ttg zakat. Di ajang inilah akan terlihat betapa ajaran Islam yang merupakan bagian dari kewajiban di dalam rukun Islam berperan besar dalam menebar manfaat di masyarakat.

    ReplyDelete
  4. sebenarnya orang Indonesia itu mudah gotong royong jika ada yang butuh bantuan, korban bencana, dsb. tetapi memang perlu diatur pengelolaannya supaya tepat sasaran dan tidak jadi masalah. khawatir disalahgunakan gitu, Mbak Gita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, godaan ini emang luar biasa ya mengemban amanah banyak orang emang sejatinya ujian ya

      Delete
  5. Tak hanya sekedar menggugurkan kewajiban, tapi ada makna yang mendalam mengenai zakat.
    MashaAllah~
    Semua indah jika mengikuti apa-apa yang diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasululloh sholallahu 'alaihi wa salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, semoga niat baik selalu dijaga Allah ya

      Delete
  6. Senang ya sekarang mah zakat sudah lebih kekinian tinggal menggunakan digital memudahkan orang untuk berbagi, keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mba, tinggal klik aja mau nominal berapa ,beres deh

      Delete
  7. Legalitas lembaga itu penting banget ya mba, jaman sekarang banyak banget penyalur bantuan seperti itu, jadi harus pilih yang terbaik dan amanah.

    ReplyDelete
  8. Zaman sekarang mau donasipun mudah banget, dan yang lebih penting aman juga tepat sasaran ke yang berhak menerima donasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena lembaga tahu titik...titik mana saja yg butuh bantuan atau diberdayakan. Jadi nggak numpuk disatu titik aja ya peneriman manfaat itu

      Delete
  9. Banyak lembaga untuk tempat menyalurkan zakat, tapi kita harus hati2 dan memilih lembaga yang bisa dipercaya dan menyalurkan dananya tepat sasaran kepada mereka yg berhak menerima.

    ReplyDelete

Post a Comment