Mudahnya Berbagi di Zaman Digital

14 comments

Berbagi itu indah...sering sekali kita dengar ungkapan yang satu ini. 

Tapi apa sih sebenarnya berbagi itu? Lebih jauh lagi, apakah sih manfaat berbagi bagi si donatur maupun penerima?

Dok Freepik

Secara harfiah berbagi memiliki arti  memberikan sesuatu ke orang lain. Baik itu sesuatu yang terlihat maupun yang tidak terlihat. 

Saat menerima promosi jabatan, kita ajak keluarga atau saudara atau teman untuk makan-makan. Saat teman dilanda masalah  kita bantu memberikan solusi jalan keluarnya. Intinya berbagi itu untuk menyenangkan orang lain.

Bagaimana berbagi secara konsep Islam? Islam sebagai agama yang sempurna memiliki aturan main sendiri. Melalui rukun Islam yang ke 4, Allah telah perintahkan semua kaum muslim yang mampu untuk mengeluarkan zakat. Bahkan dalam Islampun telah ditetapkan golongan-golongan yang berhak menerima zakat (mustahik). 

Pengelolaan zakat menjadi suatu yang sangat penting dan memiliki peran serta pengaruh besar dalam masyarakat bahkan negara. Saat ini zakat telah terbukti menjadi salah satu faktor penurun angka kemiskinan. 

Tira Mutiara IDEAS (dokpri)

Lembaga-lembaga amil zakat mengeluarkan berbagai macam program tidak hanya untuk menghimpun dana zakat, namun juga mengelolanya dengan tujuan untuk kemaslahatan umat.

Dompet Dhuafa (DD) sebagai salah satu lembaga amil zakat pun terus melakukan berbagai macam program yang tujuan akhirnya membantu pengentasan kemiskinan. Berdasarkan info yang dikeluarkan www.ideas.or.id, pada 2021 DD berhasil menghimpun dana zakat sebesar 413 ,7 milyar rupiah. Angka ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada DD.

Besaran dana zakat yang berhasil dihimpun merupakan buah dari program digitalisasi penghimpunan zakat yang dibuat DD. Kemudahan masyarakat untuk menyalurkan zakatnya secara online serta adanya kalkulator zakat yang disediakan di website DD adalah faktor dibalik terus meningkatnya kelolaan dana zakat DD.

Tira Mutiara IDEAS (dokpri)

Bertempat di Tigalima Coffee - Kitchen Gondangdia Menteng, Jakarta Pusat Dompet Dhuafa Rabu 22 Februari 2023 menggelar acara Talk Show yang bertema “Peran Lembaga & Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengentasan Kemiskinan”. 

Hadir dalam Diskusi Publik untuk menyambut datangnya bulan ramadan ini, Ibu Suci Nuzleni Qadarsih selaku Ketua Ramadan 1444H Dompet Dhuafa, Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi & Teknologi Dompet Dhuafa, Haryo MojoPahit Selaku GM Komunikasi Dompet Dhuafa, Tira Mutiara selaku peneliti IDEAS, Gaib Maruto Sigit selaku Pemred MNC, Ade Rukmana selaku penerima manfaat Program Desa Tani, Pradwita Ghazali selaku General Manager FreakOut Indonesia, Agung Lesmana selaku Head of Sharia Business Development and Product Solution Bank Jago, dan VADS.

Dalam sambutannya Ibu Suci Nuzleni Qadarsih selaku Ketua Ramadan 1444H Dompet Dhuafa mengatakan "Insya Allah Dompet Dhuafa terus bersama masyarakat. 

Lalu kenapa tagline ramadan dari hati, ini adalah kutipan dari Al Quran Surat At- Taubah, ketika kita membagi harta kita dari hati ada kebahagiaan total". tambah bu Suci

Haryo MojoPahit Selaku GM Komunikasi Dompet Dhuafa (dokpri)

Pak Haryo MojoPahit Selaku GM Komunikasi Dompet Dhuafa menambahkan " Peran DD dalam mengentaskan kemiskinan adalah dengan memperkuat aliran yaitu dengan merengkut dan memperluas jaringan yang ada. DD menghilangkan kedaruratan. Jadi bukan ikan yang diberi tetapi ingin juga orang bisa memancing

Dana zakat yang diterima muzaki secara otomatis akan meningkatkan kemampuan daya belinya. Kenaikan daya beli akan mendorong peningkatan konsumsi masyarakat yang berdampak pada naiknya produksi masyarakat. Kenaikan produksi masyarakat akan memberikan efek naiknya pemasukan negara dan pada akhirnya mampu mengentaskan kemiskinan. Seperti itulah efek multiplier zakat dalam perekonomian.

Dokpri

Selamat menyambut datangnya bulan ramadan 1444H. Selamat berbagi kebaikan dari hati. Semoga Allah SWT merahmati kita semua, Aamiin. 

Sukses selalu DD dalam mengemban amanah masyarakat.



Related Posts

14 comments

  1. Bahkan untuk berbagi punya sekarang semakin mudah, berkah digitalisasi ya kak

    ReplyDelete
  2. Siip banget nih kak, jadi reminder buat siap-siap sambut bulan Ramadhan dengan berlomba-lomba dalam kebajikan dengan manfaatkan teknologi

    ReplyDelete
  3. Bener banget ya, di zaman digitalisasi kayak sekarang, kemudahan untuk selalu berbagi itu jadi terbantukan banget.
    Ingat banget dulu, sebelum digitalisasi jadi umum kayak sekarang, mau infak aja susahnyaaaa minta ampun.

    ReplyDelete
  4. Marhaban ya Ramadan.
    Semoga bersama Dompet Dhuafa, kita bisa berjalan seiring sejalan dalam hal kebaikan. Saling memberi manfaat dan doa terbaik untuk kesejahteraan ummat.

    Barakallahu fiik~

    ReplyDelete
  5. bener banget kak, saat ini berbagi sudah semakin mudah. apalagi tersalur dengan cara yang benar. jadi bisa rutin sedekah subuh kalau lewat aplikasi

    ReplyDelete
  6. Betul sekarang ini berbagi itu mudah tinggal memilih lembaga yang terpercaya salah satunya dompet duafa ini

    ReplyDelete
  7. Sejujurnya molly pun sangat terbantu dengan adanya dompet dhuafa. Jadi bisa berinfak dan berzakat ke seluruh indonesia dengan mudah. Berkah terus untuk dompet dhuafa!

    ReplyDelete
  8. Sekarang dari rumah pun bisa berbagi karena lewat dunia digital. Tapi, harus pilih lembaga amal yang bisa dipercaya. InsyaAllah kalau DD amanah, ya

    ReplyDelete
  9. Noted bangetlah ini Kak Gita, lebih-lebih apa yang disampaikan Bu Suci Nuzleni Qadarsih ketika kita membagi harta kita dari hati ada kebahagiaan total, setuju banget ^^

    ReplyDelete
  10. yesss, jaman sekarang tuh ga perlu bingung dan pusing kalau mau donasi, zakat, wakaf dll ya, karena ada lembaga penyalurannya dan ada media online nya. Aku beberapakali coba zakat dan wakaf di dompet dhuafa juga merasa puas, praktis dan transparan sama laporan rutinnya

    ReplyDelete
  11. Dompet Dhuafa menyasar pada ummat agar terus berkreasi dan aktif bergerak mengembangkan semua kemampuan dan ikhtiar mengais rejeki. Dorongan yang baik dan semoga outputnya juga bisa dirasakan secara meluas oleh ummat.

    ReplyDelete
  12. semoga DD senantiasa amanah menjadi salah satu lembaga amil zakat dan terus berinovasi memudahkan kita untuk berbagi

    ReplyDelete
  13. DD mempermudah untuk berbagi yaa mbaa

    ReplyDelete
  14. Dari sekian banyak lembaga zakat di Indonesia, aku cuma percaya dompet dhuafa. Krn transparan. Terbukti bbrapa kali zakat, atau bahkan pernah kurban melalui DD, itu mereka selalu KSH laporannya lengkap ke aku via email mba. Bahkan laporan buat nanti bisa mengurus laporan pajak, juga mereka kasih. Krn donasi begini bisa mengurangi besaran pajak.

    Makanya Krn transparansi tadi, aku msih percaya dengan DD

    ReplyDelete

Post a Comment