Sehat Dan Berpikir Positip Dengan Makanan Organik


Setiap orang pasti setuju bahwa dibalik peristiwa yang terjadi selalu ada hikmah yang dapat di ambil. Begitupun dengan saya. 3 tahun merawat ibu yang stroke dari mulai merasa sedih melihat ibu yang tadinya aktif, kemudian berangsur-angsur  sampai pada pemikiran bahwa sedih tetus kok rasanya nggak asyik ya, karena hidup harus terus berjalan. Nah yang terbersit kemudian adalah bagaimana saya harus tetap fit dan sehat sambil merawat ibu yang tangan dan kaki kanannya lemah.

Waspada Penyakit Parkinson Di Usia 50 Tahun


Tua itu pasti dewasa adalah pilihan. Kalimat bijak ini rasanya pas untuk menggambarkan bahwa manusia itu pasti akan tua.

Nggak akan ada yang dapat melawan waktu dalam kehidupan ini dari mulai bayi lahir, anak-anak, remaja, dewasa dan perlahan beranjak tua seiring bertambahnya usia.



Nah akhirnya bukan lagi kita akan bahas mengenai "kenapa saya tua, kenapa...kenapa dan kenapa. Tetapi yang perlu dicermati adalah bagaimana mempersiapkan diri menuju usia senja. Dengan tetap menjaga kesehatan melalui olah raga dan makan makanan sehat serta makin mendekatkan diri pada sang maha pencipta.

Karena alangkah bahagianya kalau kita melihat seseorang diusia 50 tahun ke atas masih tetap fresh dan bugar. Fresh yang berkaitan dengan daya ingatnya dan bugar yang menyangkut kesehatan fisiknya. Berjalan baik dan normal.

Kemudian pendengaran tidak mengalami gangguan juga gerakan gerakan motoriknya pun masih baik walaupun tidak  lagi seatraktif  ketika masih diusia dibawah 50 tahun.

Nah makanya saya sangat antusias, Kamis 7 November 2019 kemarin  saya dan teman teman Blogger dapat kesempatan untuk berkunjung ke RS Premier Jatinegara Jakarta Timur. Dimana rumah sakit ini sangat concern dengan masalah Parkinson yang kerap terjadi pada usia 50 tahun ke atas,

Dr Sukono Djojoatmodjo SpS [dokpri]


Parkinson adalah sebuah penyakit yang terjadi karena degenerasi sel saraf dan hilangnya sel-sel yang memproduksi dopamin di otak. Data statistik menunjukkan saat ini ada sekitar 2.6 juta orang yang terkena Parkinson. Pada tahun 2015 meningkat menjadi 6.3 juta orang.

Penyakit Parkinson ini berakibat pada penurunan fungsi sistem motorik, karena kekurangan dopamin sehingga mengakibatkan hilangnya kemampuan mengendalikan tubuh.

RS Premier Jatinegara saat ini concern memberika pelayanan untuk pengobatan Parkinson, karena sudah ada spesialis bedah syaraf yang mengatasi penyakit ini yaitu Dr Sukono Djojoatmodjo SpS

Parkinson adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan degeneratif yang dapat memengaruhi sistem saraf karena kekurangan dopamin neurotransmitter di bagian otak.

Penyakit Parkinson bersifat progresif dan belum memiliki perawatan kuratif. Penyakit ini ditemukan oleh James Parkinson pada 1817 dan dialami sekitar 10-25 orang dari setiap 10.000 orang.

Blogger Gathering [dok blogger]


Oksidasi adalah proses ketika radikal bebas bereaksi dengan molekul lain untuk menstabilkan elektron yang hilang. Proses ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan. Selain itu, stres oksidatif juga disebut-sebut dapat menyebabkan penyakit Parkinson.

Parkinson hingga saat ini belum diketahui penyebabnya secara medis.

Walau begitu, ada beberapa faktor risiko yang telah diketahui secara umum.  Faktor risiko tersebut adalah benturan di kepala dan kurangnya aktivitas fisik hingga usia di atas 70 tahun.

Bahan-bahan kimia seperti mangan, karbon disulfida, dan insektisida juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit Parkinson.
Selain itu, stres oksidatif juga disebut-sebut dapat menyebabkan penyakit Parkinson.

Oksidasi adalah proses ketika radikal bebas bereaksi dengan molekul lain untuk menstabilkan elektron yang hilang. Proses ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan.

Oksidasi adalah proses ketika radikal bebas bereaksi dengan molekul lain untuk menstabilkan elektron yang hilang. Proses ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan.

Gejala dari non-motorik yaitu seperti berkembangnya sifat apatis, kecemasan, depresi, dan serangan
Penyakit ini memiliki dua macam gejala, yaitu motorik dan non motorik
Parkinson memang sering ditemukan terjadi pada lansia.

Walaupun seringnya menyerang orang-orang dengan usia di atas 60 tahun, tetapi penyakit ini bisa saja terjadi pada orang-orang dengan usia di bawah 40 tahun.

Selain itu, secara keseluruhan ditemukan ada sekitar 4-5 juta orang di dunia yang mengidap penyakit Parkinson.

Gejala penyakit Parkinson biasanya berbeda-beda serta berubah-ubah tergantung seberapa parahnya Parkinson tersebut menyerang.


Tremor biasa terjadi dalam keadaan sadar di posisi duduk atau diam berdiri. Gejala ini awalnya hanya terjadi pada satu bagian tubuh, tetapi lama-kelamaan akan merembet ke sisi tubuh lainnya.

Gejala motorik paling umum adalah tremor atau gemetaran ringan. Biasanya, gejala ini terjadi pada tangan, lengan, dan kaki.

Penyakit Parkinson menyerang gejala motorik, sehingga memengaruhi alat penggerak . Orang-orang yang mengidap Parkinson akan sulit untuk melangkah kecil-kecil, membungkuk sedikit, dan berputar cepat. Pengidapnya dapat secara tiba-tiba mengalami tidak dapat bergerak.

Orang-orang yang mengidap Parkinson akan sulit untuk melangkah kecil-kecil, membungkuk sedikit, dan berputar cepat. Pengidapnya dapat secara tiba-tiba mengalami tidak dapat bergerak.

Gejala-gejala lainnya ketika seseorang mengalami Parkinson adalah otot kaku dan sakit. Gejala awalnya yaitu berkurangnya ayunan lengan ketika berjalan karena otot-otot yang kaku. Gejala lainnya yaitu gerakan-gerakan yang lambat dan terbatas, lemahnya otot-otot di wajah dan tenggorokan, dan sulit menyeimbangkan ketika berdiri dan berjalan.

Nah apa yang dapat dilakukan menghadapi Parkinson ini? Mengingat penyakit ini juga karena faktor keturunan?


Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Parkinson : 
 
Sampai saat ini, penyakit Parkinson belum bisa disembuhkan sepenuhnya. Namun demikian, ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien, yaitu:

Fisioterapi. Fisioterapi bertujuan untuk membantu pasien mengatasi kaku otot dan sakit pada persendian, sehingga dapat meningkatkan kemampuan gerak dan kelenturan tubuh. Fisioterapi juga bertujuan meningkatkan stamina dan kemampuan pasien untuk beraktivitas tanpa bergantung kepada orang lain.

Perubahan menu makanan. Salah satu gejala penyakit Parkinson adalah sembelit atau konstipasi. Kondisi ini dapat diatasi dengan banyak minum air dan konsumsi makanan berserat tinggi. Dokter juga dapat menganjurkan untuk meningkatkan asupan garam pada makanan, bila pasien mengalami tekanan darah rendah, terutama saat bangkit berdiri.

Terapi wicara. Penderita penyakit Parkinson cenderung mengalami kesulitan dalam berbicara, sehingga diperlukan terapi wicara agar bisa membantu meningkatkan cara berbicara.

Sehat selalu ya teman-teman sampai tua sampai nanti sampai mati, Aamiin
















GoMassage Untuk Memberi Penghargaan Pada Tubuh


Kalau disuruh pilih berdandan atau perawatan tubuh, maka saya akan pilih yang ke dua. Hahaha. Kenapa? Karena disamping memang tak pandai berdandan saya termasuk orang yang betah berlama lama di salon kalau untuk urusan perawatan tubuh. Dari mulai pijit refleksi, totok wajah, creambath, luluran dan perawatan tubuh lainnya.

Tantangan Indonesia 2035 Menghasilkan SDM Unggul Yang Tidak Obesitas



Saya kalau ngemci sekarang ini selalu nggak lupa bilang sama koordinator acaranya agar mencetak rundown acaranya jangan kecil-kecil maklum takut jadi sulit membaca hahaha.

Apalagi kalau lagi kerja buat take vo ( voice over) ukuran 14 deh buat materi vo yang saya baca hahaha. Maklum lampu ruang studio untuk vo itu kadang kan ada yang remang-remang romantis gitu.

Huk Family Resto Bakery Tempat Makan Keluarga, Arisan, Kawinan Di Jatiasih


"Jangan khawatir foodies kalo belum nyiapin menu apa-apa. @RestoHuk siap mengantarkan menu kesukaan kalian ke tempat tujuan. Langsung order aja ya foodies, ga pake lama lhoo" #MenuHuk

Hanya Wakaf Yang Akan Terus Tumbuh Meski Kita Tiada


Hai teman-teman sudahkah berwakaf?

Berbicara Wakaf ternyata selama ini masih identik dan lazim orang bilang hanya dilakukan dalam bilangan - bilangan besar. "Kalau dana sedikit sih malu deh wakaf" ini biasanya yang orang sering katakan.

Rumah Zakat Selamatkan Indonesia Dari Kabut Asap



Assalammualaikum warahmatulahi wabarakatuh...

Minggu ini topik yang masih akan terus jadi perhatian kita bahkan dunia selain  demo mahasiswa terhadap rancangan undang-undang KUHP adalah bencana kekeringan dan juga asap.

Traveloka Xperience Bikin Liburan Mudah Dan Berkesan



Siapa sih yang nggak kenal dinosaurus. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tahu binatang purba ini. Penampakannya bisa kita ketahui lewat buku cerita fiksi non fiksi, film, souvenir atau tempat bermain. Kalau dulu kita hanya bisa melihat dinosaurus di buku atau nonton filmnya, saat ini khayalan kita bisa lebih real. Maksudnya apa nih??Ya, sekarang sudah banyak tempat-tempat yang membuat replika binatang yang identik dengan seram dan bertubuh besar ini.



Rayyan, Haro dan Hilya di Dino Park [dokpri]

Area bermain anak banyak yang mengambil tema dinosaurus. Sebut saja TransMart dengan Kids City nya yang mengusung tema Dino in the city dengan serius. TMII yang dikenal sebagai tempat wisata yang menghadirkan keberagaman budaya Indonesia pun tidak mau ketinggalan. Wahana Taman Legenda Dinosaurus dibuat untuk mengakomodir keingintahuan dan ketertarikan masyarakat akan dunia dinosaurus.

Bukan hanya Jakarta lho yang banyak menghadirkan area bermain dengan konsep yang mengambil dari kehidupan binatang yang sudah lama punah ini. Malang salah satunya. Masuk sebagai salah satu rangkaian destinasi wisata di dalam Jatim Park3, Dino Park telah terbukti banyak menarik wisatawan lokal dan asing untuk mengunjunginya. Salah satunya ya saya dan keluarga๐Ÿ˜

Trip Impian Bersama Watsons Ke Hongkong



Liburan sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat terutama di daerah perkotaan. Rutinitas sehari hari dan tuntutan pekerjaan yang tinggi membuat orang perlu meluangkan waktunya untuk rehat sejenak. Setiap ada tanggal "kejepit", orang berusaha untuk bisa berlibur. Kalender di meja saya sudah dapat dipastikan ada lingkaran yang nunjukin rencana cuti saya untuk memanfaatkan long wiken๐Ÿ˜. Namun kadang masalah timing dan budget jadi halangan. Alhasil tahun ini saya belum bisa menambah stempel imigrasi di passport saya.

CEK KLIK Sarana Pendukung Belanja Cerdas



Belanja boleh dibilang sudah menjadi rutinitas sebagian besar masyarakat saat ini. Mulai dari belanja kebutuhan harian sampai kebutuhan bulanan. Supermarket jadi tempat yang paling mudah disasar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun , sudah kah kita tahu hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian saat membeli barang di supermarket?

Indonesia Merdeka Pneumonia Dari Desa Hingga Kota



Pagi yang mulai terik di kota tua tak menyusutkan semangat kaum ibu untuk menari dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai propinsi yang ada di Indonesia. Ya wajah-wajah ceria yang penuh semangat ini menarikan tari Cokek yang memiliki makna solidaritas dengan membawa energi positip. Kegiatan ini adalah dalam rangka merayakan HUT RI yang ke 74. Dimana gaung untuk memerdekan anak-anak dari penyakit Pneumonia disuarakan.

Melihat Kekayaan dan Keindahan Indonesia di Kriya Nusa 2019



Kalau ditanya seberapa Indonesianya kamu dalam menggunakan oufit entah untuk bekerja atau menghadiri kegiatan khusus seperti undangan satu acara atau perayaan perkawinan, kira-kira apa jawaban kamu?

Menghemat Air Bagian Dari Kepedulian Kita Untuk Menjaga Pasokan Air Bagi Lingkungan


Sudah 2 minggu ini saya minta air pada tetangga sebelah rumah. Bukan karena mesin air saya yang rusak tetapi memasuki musim kering tahun ini ternyata pasokan air tanah dirumah saya berkurang nggak berlimpah seperti biasanya.

#KalauDekatJalaninAja Biar Badan Sehat Dan Kuat



Hai...
Bagaimana aktivitasmu hari ini? Apakah setiap hari kamu selalu menyediakan waktu untuk berjalan kaki? Liputan dekat, Turun Transjakarta atau Commuterline kamu akan sedikit berjalan kaki sambil berolah raga, atau justru kamu sengaja berangkat beraktivitas lebih awal, dengan harapan agar dapat berjalan kaki sambil berolah raga karena sinar matahari pagi masih bisa kamu temui .

Sustainable Fashion Dimulai Dari Diri Sendiri



Apa sih pengertian dari Sustainable Fashion?

Sustainable fashion adalah konsep rantai desain berkelanjutan, yaitu produk fashion yang dirancang dan diproduksi dengan pertimbangan lingkungan serta dampak sosial yang ditimbulkannya.

Anak Pintar = Pendidikan = Asuransi, Pilihan atau Rencana?


Anak adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada setiap keluarga. Semua orang tua berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi putra- putri tercintanya. Sejak dalam kandungan, ibu hamil berusaha untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan diri dan anak yang dikandungnya. Bahkan saat ini terjadi trend positif dimana banyak pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan terlebih dahulu melakukan konsultasi dan cek kesehatan pra kehamilan dengan harapan agar kelak mendapatkan buah hati yang sehat jasmani dan rohaninya. Ya, itulah harapan setiap orang tua.

[dokpixabay.com]
Saat anak sudah terlahir ke dunia, kebutuhan asupan gizi di awal kehidupannya menjadi prioritas semua ibu menyusui. Para ibu muda berusaha untuk mempelajari seluk beluk pemberian ASI dengan segala problematika dan solusinya. Perhatian berlanjut saat anak mulai dikenalkan dengan MPASI dan terus menerus semua tahapan tumbuh kembang anak menjadi rutinitas yang memerlukan perhatian setiap orang tua.

Di samping pemenuhan kebutuhan gizi, pendidikan juga menjadi perhatian semua orang tua. Harapan besar diimpikan oleh semua orang tua agar kelak anak anak mereka bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.


[dokpri]

Ya,kita semua tahu bahwa biaya pendidikan di Indonesia masih tergolong mahal untuk kebanyakan orang. Setiap tahun biaya pendidikan di Indonesia naik antara 10-20%. Streotipe yang beredar bahwa pendidikan tinggi hanya untuk "the have"  sulit untuk dipungkiri. Namun apakah benar seperti itu? Semua kembali pada bagaimana kita sebagai orang tua dapat merencanakan biaya pendidikan bagi buah hati kita.

Pendidikan mutlak menjadi hak asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan tingkat ekonomi. Dan sebagai orang tua pastinya kita akan berusaha untuk dapat memberikan yang terbaik untuk putra putri tercinta. Menabung adalah cara mengamankan masa depan pendidikan anak yang paling logis ditempuh kebanyakan orang.

Tidak ada yang salah dengan cara mempersiapkan biaya pendidikan anak lewat menabung. Menabung dapat dilakukan sepanjang pencari nafkah dalam masa produktif. Atau dengan kata lain memiliki pekerjaan atau usaha yang memberikan pendapatan. Namun pernahkah terpikir bagaimana saat kita sedang menabung untuk persiapan biaya pendidikan anak,tetiba sumber pendapatan terhenti karena pencari nafkah utama meninggal dunia?

[dokpri]

Dalam kasus seperti di atas, tentu perencanaan biaya pendidikan yang tengah dijalankan akan terhenti. Uang yang terkumpul tidak mampu mencover kebutuhan biaya pendidikan anak sesuai rencana awal. Jalan keluar yang mungkin di ambil adalah mengubah rencana pendidikan anak karena menyesuaikan dengan dana yang ada.

Hal tersebut tidak perlu terjadi apabila biaya pendidikan anak dipersiapkan lewat asuransi. Asuransi pendidikan adalah sebuah produk asuransi yang menggabungkan antara asuransi jiwa berjangka (term life) dengan investasi atau tabungan. Asuransi pendidikan yang umum ditawarkan adalah asuransi unit link di mana perusahaan asuransi akan menginvestasikan uang premi yang dibayarkan nasabahnya ke dalam investasi unit link seperti deposito, surat berharga pasar uang maupun saham.

Dengan memilih perencanaan pendidikan anak melalui asuransi, orang tua akan merasa tenang karena adanya proteksi sekaligus jaminan biaya pendidikan anak yang akan diterima dalam setiap level pendidikannya. Di sisi lain, anak pun dapat leluasa memilih sekolah yang diinginkan karena biaya yang diperlukan sudah terjamin.

Apabila orang tua telah memilih asuransi pendidilan sebagai perencanaan biaya pendidikan anak, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan.

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan anak. Salah satunya adalah Sequis Life. Melalui Sequis Eduplan Insurance  dan Sequis Global Plan Insurance, orang tua dapat merencanakan biaya pendidikan anak di dalam dan di luar negeri dengan baik. Adapun keunggulan yang ditawarkan antara lain :

1. Kepastian tersedianya dana pendidikan bagi buah hati tercinta yang akan dibayarkan sesuai Tabel Dana Pendidikan Terjadwal dalam buku Polis.
2. Fleksibilitas masa asuransi dan Uang Pertanggungan sesuai plan yang dipilih.
3. 100% Uang Pertanggungan akan dibayarkan apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan asuransi.
4. Memiliki nilai tunai dalam masa perlindungan.

Beberapa pendapat tentang asuransi pendidikan :

"Asuransi pendidikan? Buat aku sih penting nggak penting ya, tergantung masing-masing orang,kalau aku lebih baik menabung ke emas karena resiko minim dan harga penjualan kembali lumayan dan pencairan bisa kapan saja nggak ribet harus menunggu ini itu."Fara ibu 1 anak balita.

Arnis ibu satu anak 6 tahun" Pengennya asuransi yang bisa back up sampai dia masuk kuliah"

"Kalau aku pas dinyatakan positip hamil ya langsung cari asuransi pendidikan, alhamdulillah membantu banget pas anak masuk sekolah dari SD, SMP, SMA dan sekarang udah semester 7" Vani ibu bekerja dengan 3 anak.

Galuh bapak 2 anak "Kalo saya nggak merencanakan asuransi. Tetapi tabungan pendidikan itu yg harus direncanakan, dan baru saya pilih-pilih asuransinya nih"

Intinya semua orang tua ingin mewujudkan anak pintar dengan memberikan pendidikan yang layak dan memadai yang bisa direncanakan dengan pemilihan asuransi pendidikan yang tepat

Memilikilah asuransi pendidikan  sejak dini, akan membuat keluarga  tercinta nyaman dan aman karena senantiasa terlindungi sekalipun terjadi risiko tak terduga dalam hidup.
Semoga dengan informasi yang tepat, Kita akan dapat lebih paham dalam memilih dan membeli asuransi pendidikan dan jiwa serta mendapatkan manfaatnya. Semoga. Amin

Tebar Hewan Kurban Di Zona Madina Dompet Dhuafa



"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"


Artinya:

"Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah".



Gema takbir berkumandang dimana- mana, hari ini bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1440 H. 


Besek daging hewan kurban [dok Blogger]


Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan.

Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Nama donatur [dok pribadi]

Penyembelihan hewan kurban [dok pribadi]

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah  SWT. [Wikipedia]

Saat ini berkurban sangat mudah. Karena hanya melalui smartphone saja Kurban kita sudah dapat menjangkau seantero negeri bahkan luar negeri.

Serah terima donasi kurban dari Influencer dan komunitas pada direktur Mobilisasi Zakat [dok Blogger]

Area pemotongan hewan kurban [dok pribadi]

Kurban Online melalui Dompet Dhuafa dari Tebar Hewan Kurban, Pembagian Hewan Kurban hingga Laporan Kurban secara transparan.

Minggu 11 Agustus 2019 bertempat di Zona Madina Parung Jawa Barat, saya menyaksikan 65 ekor  hewan kurban kelas premium yang siap disembelih, terdiri dari kambing dan domba yang mempunyai berat berkisar antara 29-35 kg. Juga ada 5 ekor kambing super premium sumbangan juga dari donatur, yang semuanya siap akan dibagikan kepada 30KK dari 4-5 kelurahan yang ada desa Jampang dan sekitar.

Acara pemotongan hewan kurban ini dibuka dengan performance Smart Ekselensia yaitu suguhan musik yang menggunakan botol dan tabung air bekas. Hadir pula Influencer Irvan Farhad dan Hamidah Rachmayanti serta komunitas Mojang Jajaka Bogor dan direktur Mobilisasi Zakat bapak Yuli Pujihardi.

Hewan-hewan kurban [dok pribadi]

Pencacahan hewan kurban [dok pribadi]

Dompet Dhuafa tahun ini menghimpun sekitar 22.300 ekor hewan kurban dari seluruh Indonesia. Yang disalurkan langsung pada 25 provinsi yang ada di Indonesia dan juga daerah-daerah yang sedang mengalami bencana seperti Konawe, Lombok, Halmahera, Palu dan Lombok. Dompet Dhuafa tidak hanya menyalurkan hewan kurban di dalam negeri tetapi juga ke 6 negara yang mengalami konflik kemanusiaan. Yaitu Palestina, Mynmar,  Kamboja dan Vietnam. Serta kaum minoritas Malawi Mindanao di Filipina.

pendistribusian hewan kurban [dok Blogger]

salah satu keluarga penerima hewan kurban [dok Blogger]

Melalui programnya Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak-peternak sekitar yang memiliki masalah ekonomi dengan melakukan pendampingan dari beternak, hingga tanam pakan. Peternak dan petani-petani ini dibina langsung oleh tim ahli seperti dokter hewan, ahli gizi dan pakan. Banyak relawan dari IPB yang hadir untuk program pemberdayaan masyarakat daerah ini. Secara berkala juga ada saatnya tim kesehatan akan mengecek bagaimana dengan kondisi hewan sebelum siap untuk di jadikan hewan kurban.

Tahun 2019 pendistriibusian hewan kurban meminimalisasikan penggunaan plastik. Seperti di Zona Madina digunakan besek sebagai wadah daging kurban. Bahkan dibeberapi daerah lain ada yang menggunakan bahan bambu yang dibentuk seperti keranjang bambu, krengsong bambu atau memanfaatkan daun pandan, daun jati dan daun pisang. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran limbah plastik yang dapat merusak lingkungan. Jadi wadah hewan kurban menyesuaikan saja dengan hasil alam yang ada di desa/daerah tersebut. Penggunaan Plastik menjadi pilihan terakhir untuk pendistribusian hewan kurban sehingga lebih ramah lingkungan. Dan sekaligus mengusung kearifan lokal.

[dok pribadi]

5 Tips Ajarkan Makna Berkurban pada anak :

1. Sejarah Idul Adha
Ceritakan kepada anak tentang sejarah Idul Adha. Sehingga anak mengetahui akar sejarah berikut nilai positifnya. Ada nilai moral yang bisa dipahami.

2. Salat Idul Adha
Ajak anak sholat Idul Adha. Mengajak anak salat Idul Adha, tak hanya mendidik anak agar taat beribadah, namun anak bisa mengenal rangkaian Idul Adha.

3. Jangan Memaksa Anak
Jika anak tidak mau ikut salat Idul Adha, jangan paksa mereka. Sepanjang stimulasi terus dilakukan orang tua kepada anak dengan teknik yang baik, pada saatnya kenyamanan akan muncul di hati anak untuk menjalankan salat Idul Adha.

4. Budaya Hormat dan Patuh
Tumbuhkan pada anak akan pentingnya budaya hormat dan patuh. Saat Ibrahim diperintah oleh Allah SWT untuk mengurbankan anaknya, Nabi Ismail pun menunjukkan sikap hormat kepada orang tuanya dan patuh atas perintah Allah. Budaya hormat harus diedukasi kepada anak seiring kompleksitas tantangan perkembangan anak dewasa ini. Apalagi ajaran agama, budaya indonesia dan ketentuan UU 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menegaskan bahwa hormat kepada orang tua dan guru merupakan kewajiban.

5. Rasa Berbagi
Orang tua bisa menjelaskan bahwa kurban selain menjalankan perintah Allah juga mengajarkan untuk berbagi kepada orang yg tidak mampu. Dengan demikian, kurban mengajarkan kepekaan sosial dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. [sumber tribunnews]

Happy Idul Adha Mubarak teman-teman. Semoga berkah untuk yang berkurban dan menerima. Aamiin
#JanganTakutBerkurban #TebarHewanKurban
#KurbanZonaMadina
@dompet_dhuafa

Dukungan Ayah Dalam Menyusui Adalah Kekuatan Ibu



Dulu waktu hamil pertama kali, almarhumah ibu nggak bosan- bosan mengingatkan saya agar mulai rajin memassage payudara ketika waktu santai. "Karena nanti nggak akan repot repot lagi untuk urusan menyusui begitu anak lahir. Karena puting dan dan diri kamu sudah siap untuk menyusui."katanya

Insto Dry Eyes Solusi mata Kering Setelah Seharian Beraktifitas


Teman-teman pernah nggak sih? Merasakan Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah? Sebagai mobile work, yang pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya kondisi mata yang terasa sepet, pegel dan perih setelah seharian beraktifitas ini sangat tidak nyaman.

Mau Beli Mobil Atau Motor, Ke Astra Financial di GIIAS 2019



Orang bilang hidup di Jakarta nggak bisa lepas dari yang namanya punya kredit alias hutang. Mulai dari rumah,kendaraan, sampe perabot dan perlengkapan rumah semua bisa dicicil.

Banyak perusahaan yang menawarkan segala model pembiayaan karena melihat demand yang ada. Masyarakat pun terbantu karena mereka bisa memilih perusahaan pembiayaan yang pas agar dapat memenuhi kebutuhan hidup yang ada.

Makan Nasi Tumpeng Dan Steak di Kem Chicks Kemang



Masyarakat di pulau Jawa, Bali dan Madura memiliki kebiasaan membuat tumpeng untuk kenduri atau merayakan satu peristiwa penting, seperti perayaan kelahiran atau ulang tahun serta berbagai acara syukuran lainnya.Meskipun saat ini Tumpeng sudah dikenal hampir seluruh rakyat Indonesia.


Menikmati Nasi Tumpeng [dokpri]


Nah dalam rangka mempererat hubungan diplomatik antara Indonesia Amerika yang ke 70 tahun, saya berkesempatan juga menikmati nasi Tumpeng beserta pelengkapnya, mulai dari ayam goreng, perkedel sampai sambal goreng ati kentang yang rasanya poll banget di Kem chicks Kemang.

Tumpeng nasi berbentuk kerucut yang biasanya dibuat dari nasi putih, nasi kuning atau nasi gurih, kali ini hadir tumpeng nasi kuning yang dibuat dengan taburan kismis. Jadi ketika kita makan akan menghasilkan paduan rasa gurih-gurih manis gitu. Nggak ketinggalan juga kudapan-kudapan khas Amerika mulai dari Burger , salad, roti dan keju dan makanan-makanan ringan lainnya yang di tata sedemikian rupa, untuk sekali ambil/makan dengan ukurang cukup.

pemotongan Tumpeng oleh bu Nur [dok Valka]

Bu Nur dan Pak Leo [dok Valka]

Bu Nur dan Mr Chirts [dok Valka]


Acara Celebriting Indonesia Amerika dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Director Kemchicks Kemang Ibu Nurwati Brotoleksono, Selain pemotongan tumpeng juga ada acara demo masak steak oleh chef. 

Bistik atau steik adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi. Daging merah, dada ayam dan ikan seringkali dipotong menjadi steik. Kebanyakan steik dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steik biasanya dimasak dengan dipanggang, meskipun dapat digoreng atau di-"broil".

Jumlah waktu pemasakan steak tergantung perorangan; pemasakan yang lebih cepat menghasilkan daging yang lebih lembut, dan bersari ( Wikipedia)
Rib Eye [dokpri]





Saya memilih US Rib Eye 150 gr sebagai menu makan siang, karena rasanya cukup ini hahaha, disamping ada US Sirloin, Tenderloin. Double Beef Burger dan Double Cheese Burger disamping juga ada pilihan makanan Indonesia yang berkolaborasi dengan daging US seperti Dabu-Dabu Rib Eye, Daging Sapi US Lada HItam, Daging Sapi US sambal Matah, Daging US Paprika, Daging US Jagung manis & Jamur.

kolaborasi menu Ind dan meat US [dokpri]


Do u like it! [dok Valka]


Bapak Leonard Tjahjadi jabatannya Vice President Peka Consult, Inc " Nasi kuning ini dibuat sangat istimewa yaitu dengan paduan ada kismis, begitu juga dengan perkedelnya yang dari  kurma Amerika, juga empal dari daging USA."


Fruit Schotel [dok Valka]

Pizza US [dok Valka]

Snack US [dok Valka]


"Kem Chicks adalah supermaket yang dikenal menyediakan makanan dari seluruh dunia. Ini adalah acara yang sangat baik bagaimana kami dapat sharing makanan langsung dari seluruh penjuru dunia khususnya dari Amerika."Chris Ritggers, Konsuler Pertanian & Perdagangan Kedutaan Amerika Serikat
Burger [dokpri]

Keju [dokpri]

Bicara Kem Chicks adalah bicara sosok Bambang Mustari Sadino atau yang lebih akrab dipanggil Bob Sadino. Setelah sukses membuat gebrakan pada tahun 1970, menyediakan beragam produk pangan impor untuk masyarakat Jakarta. Saat ini juga dikenal sebagai pelopor industri daging di Indonesia dari mulai olahan sosis, burger, bakso dan nugget.



Semoga hubungan diplomatik yang kuat ini makin kuat seperti paduan rasa tumpeng  khas Indonesia dan kismis dari  Amerika yang weeenak ini. ๐Ÿ˜„



#USAFair2019
#PejuangKulinerIndonesia
#ILoveKemChicks
#FoodExportPromotion


Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati


Kebanyakan orang menganggap bahwa telapak tangan yang selalu basah dan berkeringat merupakan salah satu tanda adanya sakit jantung atau jantung lemah. 

4 Tips Berbelanja Untung di Jakarta Fair 2019


Dibuka tanggal pada tanggal 22 Mei 2019 kemarin,  antusias masyarakat untuk datang ke Jakarta Fair terus meningkat.

Biasanya pintu gerbang utama JIExpo Kemayoran. dipadati pengunjung mulai pkl 16.00. Nah mendekati  waktu berbuka biasanya pengunjung makin banyak berdatangan. Jakarta Fair tahun ini selain memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-492 juga bertepatan momen hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Makanya banyak pengunjung ngabuburit dan bukber di Jakarta Fair sambil belanja berbagai kebutuhan lebaran.

9 Manfaat Tanaman Herbal Temulawak Untuk Kesehatan


Teman-teman tahu nggak sih? Kalau Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip banget dengan kunyit. Tanaman ini memiliki nama latin Curcumaxanthorrhiza, biasanya bentuknya seperti silinder dan memiliki diameter 6 cm. Saya susah lho awalnya membedakan mana yang temulawak dan mana kunyit. Karena kalau dilihat sekilas, kunyit dan temulawak mirip banget. Teman-teman ngalamin hal kayak saya juga nggak? 

Rice Cooker Cosmos Harmond Bikin Nasi Uduk Licin Gurih



Nasi Uduk...siapa yang tidak kenal makanan satu ini. Buat yang tinggal di Jakarta, dapat dipastikan pernah menyantap nasi uduk. Apalagi nasi uduk Betawi yang sudah terkenal kelezatannya. Tapi pernahkan Anda membuatnya sendiri di rumah?

PC Modern Microsoft Membantu Blogger Kerja Lebih Cepat


Berapa banyak waktu yang teman-teman butuhkan untuk mencapai tempat kerja dalam sehari? Berapa banyak waktu juga yang kita gunakan untuk meeting dari satu tempat ke tempat berikutnya?
Faktor macet dijalan membuat waktu kita banyak terbuang dan sangat tidak produkstif. Dan saat kita tidak produktif inilah kita membutuhkan satu solusi?

Buka Puasa Dengan Roti Bakar Oles Skippy Peanut Butter


Menyiapkan tajil atau menu untuk berbuka boleh dibilang gampang-gampang susah. Gampang untuk yang tidak mau ribet membuatnya sendiri alias tinggal beli. Susah untuk yang mau membuat sendiri di rumah tapi repot karena harus menyediakan berbagai bahan. Belum lagi ditambah saat proses membuat,kita tidak bisa mencicipi rasanya karena sedang berpuasa. Terlihat benar-benar repot jadinya ya...Nah saya akan berbagi resep menu tajil yang mudah dibuat,gampang mencari bahan-bahannya.

Jangan Anggap Sepele Kalau Suka Merasa Pusing dan Sakit Kepala


Seminggu yang lalu saya dijapri sahabat saya yang bekerja di bagian promosi sebuah mall di Jakarta.

"Git, gue sedih banget lho didiagnosa Hipertensi." Saya pun kaget mendengar berita ini. Terbayang aktivitasnya yang padat. "Tya santai dikitlah "kata saya.

" Iya nih lagi banyak kerja juga banyak yang dipikirin, kecapeaan dan kurang tidur karena lagi renovasi rumah 4 bulan. kerjaan di kantor banyak problem di kantor banyak dan stamina nggak bagus,"tambahnya. 

Saya kemudian memberikan support dengan mengingatkan jangan lupa minum obatnya dan olah raga.

Bebelac Membantu Orang Tua Mengasah Daya Pikir Anak Agar Memiliki Hati Yang Besar


Tumbuh Sehat dan Prososial Bersama Bebelac

Seberapa besar hati anak anda? Pertanyaan di atas cukup repot ya di jawab...๐Ÿ˜ Kalau seorang Ibu ditanya seberapa besar asupan nutrisi yang sudah diberikan untuk si Kecil, pasti dengan mudah akan dijawab. Ya, kita kadang atau bahkan belum tahu (paham) bahwa asupan nutrisi yang diberikan kepada buah hati kita sangat berhubungan erat dengan Kebesaran hatinya. Punya Rasa Peduli, cepat Tanggap, Tanggap Bersosialisasi.

Realme Smartphone Untuk Anak Muda Yang Dinamis


Kalau lihat anak milenials sekarang ini, sungguh saya kagum luar biasa. Betapa luar biasanya kesempatan untuk mereka mengali potensi, bisa mengaktualisasikan diri dan keinginan untuk menggunakan semua kemampuan diri untuk mencapai apapun yang mereka mau, bisa mereka lakukan. Asal mau maka semua kemudahan dapat mereka peroleh.

Kalau Punya Makanan Lebih, Jangan di Buang Hubungi FOI


Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara pernah menjabarkan bahwa pendidikan merupakan tuntutan hidup dalam kehidupan anak-anak. Artinya adalah menuntun semua kodrat pada kekuatan anak-anak tersebut sehingga anak-anak dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya.

Keadilan Pendidikan untuk Kaum Disabilitas



Definisi gangguan fungsional atau disabilitas adalah sebuah masalah pada fungsi tubuh atau struktur tubuh yang mengakibatkan terbatasnya aktifitas dan partisipasi, baik dalam jangka waktu temporer atau lama permanen.
( International Classification of Functioning, Disability, and Health( ICF/WHO, 2001 )

Penyandang disabilitas ialah orang yang mempunyai keterbatan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakat, dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak.
( Undang- undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Disabilitas )

Nest Reflexology Bintaro Suara Gemericik Airnya Menenangkan


Setiap orang memiliki cara sendiri untuk membuat dirinya tenang maupun nyaman dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidupnya. Banyak orang bahkan memilih untuk pergi ke pantai, gunung ataupun wisata air terjun demi sekadar melepas penat dan dianggap bisa membuat tenang.

Begitupun halnya dengan saya, meskipun tidak pergi jauh-jauh saya sudah mendapatkan kenyaman dan ketenangan untuk melepas penat dari pekerjaan saya sebagai Blogger dan ibu rumah tangga. Yaitu pijit refleksi dengan latar belakang musik gemericik air. 

Pekan Imunisasi Dunia: Imunisasi Lengkap Indonesia Sehat


Sebagai orang tua pasti kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Iya kan? Disamping memberikan nutrisi yang baik dan cukup untuk tumbuh kembangnya, salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah dengan memberikan imunisasi lengkap. Dengan imunisasi lengkap anak akan tumbuh sehat dan tahan terhadap penyakit. Imunisasi itu adalah hak anak, kewajiban orang tua untuk memberikan. 

Harga Teman Bikin Nyaman Yang Baper, Julit dan Sadis


Tidak semua wanita pintar dalam membelanjakan uang mereka. Banyak yang sering belanja berlebihan atau kalap, terutama saat sedang musim diskon. Tetapi Harga Teman Giant akan mengajak kita semua terutama wanita sebagai menteri keuangan dalam rumah tangganya menikmati diskon tanpa banyak perhitungan, nggak bakal pelit ngeluaran uang dan tentunya bikin nyaman dan aman buat kita yang suka diskon.

HONOR 8A Smartphone Yang Memanjakan Pecinta Musik


Bukan pemandangan yang aneh lagi kalau kita lihat di jalan, di kereta dan juga transjakarta dan fasilitas-fasilitas umum lainnya, orang-orang menikmati perjalanannya atau sambil duduk-duduk santai mendengarkan musik melalui smartphonenya dengan earphone bahkan headphone yang besar-besar dan keren! Tetapi rasanya tanpa didukung sound yang okey melalui handphonenya rasanya nggak mungkin ya mereka-mereka itu terlihat nyaman banget.

Nah melalui live streamingnya HONOR, smartphone e-brand terkemuka di dunia, secara resmi meluncurkan dua seri terbarunya: HONOR 10 Lite dan HONOR 8A di Jakarta pada tanggal 27 Februari 2019 lalu. HONOR 8A hadir untuk mereka yang mencari pengalaman yang luar biasa melalui musik dengan satu smartphone. Pas ya buat pecinta musik.

Dompet Dhuafa Mengajak Milenial #JanganTakutBerbagi!


Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya (HR Bukhari – Muslim)
Barangsiapa memudahkan orang lain yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat  (HR Muslim)
Perbuatan baik senantiasa akan memberikan kebaikan pula cepat atau lambat bagi mereka yang melakukannya sebagaimana disebutkan dalam Al Quran. 

Keluarga, Sekolah dan Masyarakat adalah Target Literasi Digital


Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan, rapat koordinasi nasional (RAKORNAS) bidang perpustakaan 2019 dibuka.

1.2 ribu peserta dari berbagai daerah hadir memenuhi ruangan Birawa Hotel Bidakara jalan Gatot Soebroto Jakarta Selatan. Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan 2019 dibuka oleh Bpk Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Bermain di Trans Studio Bandung dan Bancakan di Crowne Plaza Bandung


"Ma, videonya jangan lupa lho ma ini tanggal 1 Maret ma batas akhir kan kata mama"kata anak saya yang ABG.
"OMG, ya Allah nak, mama pikir tanggal 1 masih 3 hari lagi mama lupa kalau Februari sampai tanggal 28.

Saya pun bergegas mandi, berpakaian dan cari angle buat video yang harus saya publish hari ini di Instagram. Ini sebagai salah satu syarat keikutsertaan saya di acara Bloggerday yang ke 4 dari Blogger Cronny disamping wajib follow akun-akun pendukung bloggerday .

One Day Trip ke Kota Udang Cirebon



Begitu mendengar kota udang, pasti sudah tau dong kota apa yang saya maksud? Yup, Cirebon. Sabtu kemarin, 11 November 2018, saya bersama keluarga. One day trip.

Rombongan yang terdiri dari adik, kakak dan 2 krucils berangkat dari St.Pasar Senen  pukul 07.35 dengan Tegal Ekpress. Acara jalan-jalan kali ini memang ala backpackeran untuk urusan Tiket Kereta Api Jadi kita milih semurah mungkin☺.Untuk tiket berangkat, harganya hanya 49 ribu lho. Dan untuk tiket Cirebon - Jakarta, kita beli yang agak mahal. Progo (96 ribu) menjadi pilihan dengan pertimbangan jam keberangkatan yang sesuai dengan itinerary kami selama di Cirebon.


Kawasan Batik Trusmi [dokpri]


Kami tiba di St.Prujakan Cirebon sekitar pukul 11.30. Kami dijemput oleh pak Budi, staf dari Naba Rent yang akan mengantar kami berkeliling kota Cirebon. Mobil yang kami sewa adalah Hiace dengan kapasitas 14 orang dengan biaya 1,2 juta untuk pemakaian selama 12 jam.

Tujuan pertama kami adalah Nasi Jamblang Bu Nur yang terletak di Jalan Cangkring 2. Karena kami menggunakan mobil sewaan berikut supir, hanya dalam waktu sekitar 10 menit kami sudah tiba di lokasi. Kondisi tempat makan sudah dipenuhi pengunjung namun tidak menyurutkan niat kami untuk antri. Sebagai informasi, di sini pengunjung bebas memilih lauk pauk sesuai selera. Lauk pauk disajikan dalam bentuk prasmanan yang dapat dipilih dan diambil langsung oleh pengunjung.


Menikmati Empal gentong [dokpri]


Untuk nasi, pengunjung tinggal menyebutkan berapa porsi nasi yang diinginkan. Jangan kaget dulu ya. Satu porsi nasi di sini boleh dibilang imut banget. Rata-rata pengunjung memesan 2-3 porsi dalam 1 piringnya. Nasi disajikan dengan alas daun jati sehingga memberikan aroma wangi yang sedap.

Menu pilihan saya adalah nasi ditambah sate udang plus tempe goreng. Sate udang diberi bumbu asem manis yang maknyus. Satu tusuknya terdiri dari 5 ekor udang ukuran sedang. Untuk tempe gorengnya, dipotong bentuk dadu dan digoreng garing. Sangat pas untuk kondisi perut yang lapar. Rayyan memilih nasi ditambah semur ati kegemarannya. Untuk 2 porsi makan ini, saya membayar sebesar 49 rb, sudah termasuk 2 botol Teh Sosro. Cukup murah khan??


Nasi Lengko [dokpri]


Tempat makan ini terdiri dari 2 lantai di mana ada fasilitas mushola di lantai atas. Oiya kami sarankan pilih lantai atas karena sirkulasi udaranya lebih nyaman dibanding lantai bawah. Apalagi pas weekend yang full ya. Kalau untuk toilet, saya rasa kurang memadai. Hanya ada 1 toilet di setiap lantainya. Dengan pengunjung yang padat, pengelola ke depan nampaknya harus memperhatikan akan ketersediaan toilet yang jumlahnya memadai.

Perjalanan kami lanjutkan ke Keraton Kasepuhan. Di sini tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak. Kami menggunakan guide dengan pertimbangan agar mendapatkan cerita yang lengkap tentang keraton ini. Untuk tarifnya, saya terlebih dahulu bertanya ke supir kami dan didapat info bahwa tarif guide dalam kisaran Rp 50 ribu.

Spot pertama yang tertangkap mata adalah plang nama Sumur Kejayaan. Sumurnya sendiri tertutup, untuk melihatnya pengunjung kembali dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10 rb (dewasa) dan Rp 5 rb (anak-anak). Namun kami skip dulu spot ini.


ziarah ke makam Sunan Gunung Jati [dokpri]


Kami masuk ke keraton dengan tidak lupa untuk mengabadikan momen untuk berfoto tepat di bawah ukiran motif batik khas Cirebon, Mega Mendung. Gapura putih ini dinamakan Kutagara Wadasan. Arti ukiran tersebut adalah seseorang harus mempunyai pondasi yang kuat jika sudah menjadi pimpinan atau sultan harus bisa mengayomi bawahan dan rakyatnya.

Selanjutnya kami berkeliling ke bagian-bagian lain keraton. Berhubungan jadwal wisata kali ini yang cukup padat, di sini kami habiskan waktu sekitar 45 menit saja.

Perjalanan kami lanjutkan ke Kampung Batik Trusmi. Sesuai namanya, ini adalah kampung di mana banyak dijual batik khas Cirebon. Di sepanjang jalan berjejer berbagai toko dan galeri batik. Nama Trusmi sendiri diambil dari nama Ki Gede Trusmi, yaitu pengikut setia Sunan Gunung Jati yang mengajarkan seni membatik sambil menyebarkan ajaran Islam. Sampai sekarang makam Ki Gede Trusmi tetap terawat dengan baik.


Beli tape [dokpri]

Belanja batik [dokpri]


Rencananya setelah berkeliling Trusmi, kami akan mengunjungi Gua Sunyaragi. Namun batal terlaksana karena hujan deras yang turun. Alhasil kami hanya melewatinya saja.Padahal sudah terbayang akan mendapatkan tempat yang bagus untuk berfoto, hehehehe.

Kekecewaan kami tidak berlangsung lama. Acara berburu oleh-oleh menjadi pengobatnya. Kami diantar ke Pangestu, salah satu pusat oleh-oleh di kota Cirebon. Saat kami datang, toko dipadati pengunjung. Tape ketan, sirup Tjampolay, terasi, gula batu adalah oleh-oleh yang biasa diburu wisatawan lokal. Tidak terkecuali kami...hahaha. Kalau jeniper pernah dengar? Ini bukan nama artis luar yang ngetop itu lho ya... Jeniper itu singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Ya, ini salah satu oleh-oleh minuman yang mulai banyak diburu pengunjung.

Masih ada satu lagi oleh-oleh yang bisa dibilang sedang hits di Cirebon. Namanya Ketan Gurih. Ketan yang diberi bumbu olahan dari ebi. Pasti bisa dibayangkan kan gimana rasanya. Sayang, kami hanya berhasil membawa 1 kotak ketan gurih ini. Info yang kami dapat, karena jenis makanan ini mudah basi, jadi rata-rata dibuat berdasarkan order. Pun ada yang ready to sale, ya tidak banyak stoknya.






Nah ini cerita one day trip saya ke kota Udang Cirebon dengan tiket yang saya beli di pegipegi, teman-teman pokoknya tinggal donwload aja aplikasinya, terus pilih dari tiket pesawat, kereta api juga ada promo-promo menarik. Secara keseluruhan perjalanan kita jadi dimudahkan buat urusan tiket kereta api. 

KoinWorks Mengajak Kita Menabung Cerdas Zaman Now



Hemat pangkal kaya. Saya yakin hampir semua orang familiar banget dengan peribahasa ini. Kata-kata itu jadi magic word para ortu untuk menanamkan kebiasan berhemat (menabung) bagi anak-anaknya. Zaman saya kecil, menabung dilakukan di celengan tanah liat dengan berbagai bentuk yang menarik. Pasti inget dong celengan bentuk kendi air minum,ayam,kucing dll๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Terus mulai deh anak-anak dikenalin yang namanya nabung di bank. Sampe ada kan tuh nyanyian nya.

Bing beng bang
Yuk kita ke bank
Bang bing bung
Yuk kita nabung
Tang ting tung hey
Jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung